1. Startup

Another Big News From Twitter?

Seperti yang ditulis TechCrunch, sebuah tweet dari Alex Payne, seorang teknisi dari Twitter mengindikasikan bahwa Twitter sedang mengembangkan sebuah fitur baru yang mungkin saja akan mengubah para pengguna Twitter memandang aplikasi Twitter web.

Tweet itu menyebutkan bahwa para karyawan Twitter telah memiliki dan menggunakan fitur tertentu yang bisa membuat user akan meninggalkan desktop client.

Tweet ini menimbulkan sedikit kontroversi karena banyak sekali pengembang pihak ketiga yang mendasarkan aplikasi mereka dari Twitter API, dan jika memang Twitter akan meluncurkan aplikasi yang membuat user meninggalkan third party app, sepertinya agak sulit untuk dibayangkan.

Tapi dari beberapa tweet selanjutnya lalu dari percakapan timeline di akun Twitter Alex, serta berbagai komentar di artikel yang ditulis TechCrunch, bahwa tweet ini sebenarnya menjelaskan bahwa Twitter sedang mengembangkan 'sesuatu' yang bakal disukai oleh para pengguna Twitter yang mengakses akun mereka lewat Twitter Web, dan dikembangkan berdasarkan API, yang tentu saja menjadi salah satu layanan yang akan diberikan pertama kali pada para developer pihak ketiga.

Jadi, para developer tidak usah khawatir bahwa Twitter akan membangun fitur baru yang akan mengalahkan fitur-fitur yang dimiliki para desktop client.

Dan, tulisan ini juga bukan untuk membahas tentang kontroversi setelah tweet yang dilakukan oleh Alex, tapi lebih membuka diskusi tentang fitur apa yang akan diluncurkan oleh Twitter selanjutnya.

Pertanyaan tentang minimnya fitur yang ada di Twitter Web memang sering muncul, setelah penambahan list serta fitur re-tweet, lalu local trends dan yang paling baru adalah perkembangan tentang platform iklan, bisa jadi Twitter memang tidak akan tinggal diam dan 'harus' terus mengembangkan fitur mereka yang ada di Web.

Pertanyaan dasar lain tentu akan muncul, sampai sejauh mana Twitter akan mengembangakan aplikasi web mereka tanpa melibas aplikasi pengembang pihak ketiga yang mengembangkan berbagai fitur berdasarkan API dari Twitter?

Tentu Twitter sudah menimbang berbagai ekses yang akan ditimbulkan oleh terbukanya API, salah satunya adalah berkembangnya berbagai fitur yang dikembangkan oleh pihak ketiga seperti Seesmic, TweetDeck yang memiliki berbagai fitur yang lebih lengkap. Tapi, simplisitas yang dimiliki Twitter Web masih memiliki fans tersendiri dan tidak akan mungkin juga jika Twitter berdiam diri dan tidak menambah fitur baru bagi aplikasi web mereka.

Bagi para user, apapun yang akan dikembangkan Twitter pasti akan berpengaruh, apalagi tweet yang muncul dari seluruh dunia kini sudah mencapai 50 million per hari. Dan untuk Indonesia, sudah tidak diragukan lagi bahwa Twitter merupakan aplikasi populer di Indonesia, menjadi bahasa terbesar ke 4 bersama bahasa Malaysia, kerjasama yang dilakukannya dengan provider lokal, adalah beberapa hal yang membuat pengguna Twitter di Indonesia merupakan pangsa besar bagi para pengembang dan menjadi target user untuk Twitter.

Kira-kira fitur apa yang anda inginkan untuk ditambahkan pada Twitter Web, saya sendiri memilih fitur kolom atau modifikasi dari bentuk kolom yang memudahkan melihat daftar mention, direct message dan sent tweets dalam satu tampilan, sehingga tidak perlu lagi membuka satu persatu dan beralih halaman untuk melihat data di akun pribadi kita.

Bagaimana dengan anda, apakah fitur yang ada di Twitter Web saat ini sudah cukup? Atau anda justru tidak pernah menggunakan Twitter Web tetapi selalu menggunakan desktop client atau aplikasi pengembang pihak ketiga dari Twiter? Atau anda punya pendapat lain, share pendapat anda pada kolom komentar.

Screenshot diambil dari akun Twitter Alex Payne.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again