• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Akhirnya Reply Lewat E-mail Resmi Diluncurkan Facebook

Akhirnya Reply Lewat E-mail Resmi Diluncurkan Facebook

Posted by
Wiku Baskoro

January 14, 2010

facebookSetelah menunggu cukup lama, setidaknya artikel terakhir dari DailySocial yang membahas bertanggal 17 Desember, dan akhirnya sekarang fasilitas reply lewat Facebook sudah bisa dinikmati untuk user luas. Seperti yang diumumkan di blog resminya, fasilitas ini memudahkan user untuk me-reply konten dari Facebook seperti status updates, photos, videos dan wall post.

Pada awalnya saya tidak menyadari fasilitas ini, karena cukup bosan menunggu cukup lama untuk mencobanya, tapi beberapa hari yang lalu saya mencobanya dan cukup memudahkan dan menghemat waktu.

Jika anda merupakan salah satu pengguna Facebook yang menggunakan fasilitas notification lewat e-mail, fasilitas ini langsung bisa dinikmati, jika belum anda bisa mengatur aplikasi ini di settings akun Facebook anda.

Aplikasi ini berguna untuk memudahkan dan menghemat waktu para user Facebook dalam melakukan kegiatannya di Facebook. E-mail notifikasi yang ada mirip dengan e-mail biasa, aplikasi ini juga cara menggunakannya sama seperti membaca dan membalas e-mail biasa. Berikut contoh screen shoot-nya.

facebook
Dari inbox notification ini, anda hanya perlu memperlakukannya seperti e-mail biasa, klik reply di notifikasi yang bersangkutan, kemudian  ketik kalimat balasan yang ingin anda tulis. setelah selesai, klik send, maka nantinya kalimat komentar anda ini akan langsung muncul di akun Facebook anda.

facebook
Selain contoh screen shoot di atas, contoh lain misalkan anda menulis status ‘selamat pagi, lagi baca DailySocial nih’, setelah beberapa saat, anda mendapatkan notifikasi di e-mail anda tentang status ini, bahwa teman anda yang bernama A berkomentar atas status ini dengan kalimat ‘ada berita apa nih?’, kemudian anda me-reply-nya dengan menulis ‘ada berita tenang feature reply lewat email dari Facebook’. Setelah anda mengklik send, maka kalimat anda ini akan berada di time line komentar tentang status anda.

Saya mencobanya beberapa kali dan cukup menyingkat waktu, terutama untuk beberapa hal yang memerlukan reply cepat, anda tidak perlu lagi membuka akun Facebook terlebih dahulu. Tapi sebenarnya kekurangan fasilitas ini salah satunya adalah, anda tidak bisa reply untuk inbox. Saya sendiri baru mencoba untuk komentar atas status, baik itu yang ditulis oleh saya sendiri maupun status teman saya yang saya komentari, dan ya, memang penggunaannya mudah.

Pertanyaan yang beredar adalah: apakah Facebok akan kehilangan traffic oleh aplikasi ini? Tidak ada keterangan resmi dari Facebook yang mengindikasikan pendapat mereka tentang komentar ini, Facebook sendiri di blognya justru menekankan bahwa aplikasi ini akan memudahkan user dan memberikan manfaat lebih, yaitu cara mudah untuk tetap update dari hal-hal yang terjadi di Facebook seputar kegiatan user yang bersangkutan.

Yang lebih menarik, bagi saya bukan hanya melihat kemungkinan Facebook akan kehilangan traffic, tapi lebih kepada perkembangan apalagi yang akan Facebook lakukan berkaitan dengan aplikasi reply lewat e-mail ini, apakah ada kemungkinan nantinya bukan hanya membalas status updates, photos, videos dan wall post tapi berbagai kegiatan lain yang berhubungan dengan Facebook bisa disinergikan dengan e-mail, atau malah ini hanya pemancing saja untuk meningkatkan kesetiaan user dan ada strategi lain untuk mencegah berkurangnya traffic yang besar kemungkinannya akan terjadi.

Tapi, setidaknya satu penantian tentang aplikasi terbaru Facebook sudah selesai, selanjutnya, saya, mungkin juga anda kini menanti perubahan lain dari Facebook untuk segera bisa dinikmati secara luas, yaitu perubahan atau redesign halaman muka Facebook.

Bagaimana dengan anda? Sudah mencoba fasilitas reply lewat e-mail atau justru tidak tertarik? Share pengalaman anda pada kolom komentar.

*screen shot hanya contoh dan telah mendapat ijin dari pengguna yang bersangkutan.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×