Mencoba merebut pangsa pengguna aplikasi Tinder dari dalam negeri, Wavoo hadir sebagai sebuah aplikasi perjodohan online berbasis mobile yang jauh lebih mengerti lingkungan dan tingkah laku masyarakat lokal. Dengan beberapa fitur unggulan, Wavoo optimis bisa menjadi online dating apps yang yang dapat diandalkan.

Aplikasi serupa memang sedang naik daun di kalangan pengguna smartphone di Indonesia, Yogrt pernah kita bahas dengan keunikan konsep perjodohan melalui permainan sederhana. Kini giliran Wavoo yang digadang akan menjadi Tinder-nya Indonesia. Berbeda dengan kompetitornya, Wavoo memiliki fitur People Nearby dan Winked yang sangat menarik.

Pada dasarnya, apa yang coba ditawarkan oleh Wavoo mungkin tidak jauh berbeda dengan Tinder. Tak heran jika navigasi yang Wavoo tampilkan sekilas menyerupai Tinder, hanya saja Wavoo didominasi oleh warna hitam ketimbang putih bersih khas Tinder. Swipe ke kanan untuk menyukai profil seseorang, dan swipe kiri jika tidak, metode serupa juga diadopsi oleh Wavoo dalam mencari pasangan dari fitur Encounters.

Wavoo terdiri dari tiga tab utama sebagai navigasinya. Preferensi pencarian dapat diatur melalui opsi settings yang terdapat pada tab di kiri layar, jarak pencarian mencapai hingga 100 km jauhnya dari posisi pengguna. Range umur juga dapat diatur dengan parameter yang dapat dikustomisasi sesuai keinginan pengguna. Selain pengaturan, di bagian ini juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengganti profil, mengakses fitur Encounters dan People Nearby, dan melihat daftar Winked.

Encounters sendiri terdapat di tab tengah sebagai fitur utama yang mengizinkan pengguna memilih jodoh dengan swiping, pengguna dapat menerima dan menolak seseorang secara anonim, baru setelahnya dapat membuka fitur chat jika mereka saling menyukai.

Sedangkan People Nearby adalah fitur dengan teknologi augmented reality menggunakan kamera smartphone pengguna mencari pengguna Wavoo lain berdasarkan jarak yang telah ditentukan sebelumnya. Fitur unggulan lainnya yaitu Wink, dengan fitur tersebut pengguna dapat memberikan akses seseorang untuk melihat profilnya, menghilangkan anonimitas yang sebelumnya membatasi kedua belah pihak untuk lebih mengenal secara lebih akrab.

 

wefwe4f

Untuk mengakses riwayat percakapan dan daftar kecocokan, silakan akses tab kanan. Di sini pengguna juga dapat menuliskan status yang menarik untuk mencuri perhatian pengguna lain.

Sedikit saran untuk tim pengembang, sebaiknya Wavoo menyortir profil dari jarak terdekat hingga terjauh dalam fitur Encounters. Saya selalu ditawarkan profil yang berjarak sekitar 50-100 km secara acak. Apakah tidak ada pengguna Wavoo dalam rentang jarak 1 hingga 50 km di Jakarta Selatan? Notifikasi petunjuk cara swipe kanan-kiri juga sering kali muncul sehingga sedikit mengganggu.

Menurut informasi yang kami terima, selain akan meluncurkan aplikasi di platform Android dalam waktu dekat, Wavoo tengah mengembangkan ketersediaan layanan mereka untuk smartwatch. Sejauh ini aplikasi Wavoo hanya tersedia di platform iOS.

[Foto: Shutterstock, Dok. Daily Social]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.