Twitter Beri Beasiswa untuk Mahasiswi Fasilkom UI

Twitter Beri Beasiswa untuk Mahasiswi Fasilkom UI

Dick Costolo rayakan peluncuran kantor Twitter di Jakarta, kerja sama dengan Pulse Lab Jakarta, dan solusi untuk UKM
CEO Twitter Dick Costolo, Dekan Faslkom UI Mirna Adriani, dan Koordinator Resident (ad interim) untuk United Nations Indonesia Anthea Webb dalam Peluncuran Resmi Kantor Twitter di Jakarta / DailySocial
CEO Twitter Dick Costolo, Dekan Faslkom UI Mirna Adriani, dan Koordinator Resident (ad interim) untuk United Nations Indonesia Anthea Webb dalam Peluncuran Resmi Kantor Twitter di Jakarta / DailySocial

CEO Dick Costolo, Dekan Faslkom UI Mirna Andriani, dan Koordinator Resident (ad interim) untuk United Nations Indonesia Anthea Webb dalam Peluncuran Resmi Kantor Twitter di Jakarta / DailySocial

CEO Twitter Dick Costolo datang ke Jakarta dalam rangka merayakan peluncuran kantor resmi Twitter di sini. Di sela-sela kunjungannya di sini, ia mengumumkan kerja sama dengan Pulse Lab Jakarta, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI), UKM, dan LSM. Twitter meluncurkan program beasiswa pertama untuk mahasiswi Fasilkom UI dalam tiga tahun ke depan sebagai bentuk dukungan terhadap partisipasi perempuan di bidang teknologi (women in tech).

Costolo memiliki jadwal padat dalam kunjungannya kali ini. Sebelum datang ke acara makan siang dengan media, ia bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan menghadiri acara bersama civitas akademika Universitas Indonesia. Di Fasilkom UI, Costolo mendapat sajian berbagai riset dan tesis yang menggunakan data Twitter sebagai basisnya.

Beasiswa Twitter untuk Mahasiswi Fasilkom UI

Salah satu highlight kunjungan Costolo di UI adalah langkah Twitter memberikan beasiswa, pertama kalinya di dunia, untuk mahasiswi tahun kedua (program S1) Fasilkom UI yang berasal dari keluarga kurang mampu atau memiliki nilai dan prestasi akademi yang baik. Program beasiswa #Twitter4WaniTek ini berlangsung selama tiga tahun.

Role model program ini, seperti dijelaskan Costolo, adalah dukungan Twitter terhadap program Girls Who Code.

Dekan Fasilkom UI Dr. Mirna Adriani menyebutkan lima mahasiswi akan memperoleh beasiswa, sementara VP Asia Pasifik, Amerika Latin, dan Negara Berkembang Twitter Shailesh Rao memastikan secara total akan ada 15 mahasiswi yang bakal dianugerahi kesempatan ini.

Mirna dalam rilis persnya menyebutkan, “Melalui program beasiswa #Twitter4WaniTek, Twitter membantu misi kami untuk menarik para perempuan dari perekonomian lemah atau dengan prestasi baik untuk belajar ilmu komputer di UI. Salah satu tujuan Fasilkom UI adalah memberikan kesempatan pendidikan ilmu komputer merata ke seluruh Indonesia demi mewujudkan hidup yang lebih baik dengan teknologi komunikasi dan informasi.”

Mirna memastikan bahwa dari awal adalah Twitter yang melakukan pendekatan untuk memuluskan program ini. Lebih lanjut Mirna menyebutkan bahwa pihaknya akan memperluas kemitraan dengan Twitter untuk pengaksesan data-data Twitter secara bebas demi kepentingan riset ilmiah.

Kunjungan #AwalBaru

Selain kerja sama dengan pihak pendidikan, Costolo memanfaatkan kunjungannya di Indonesia untuk memastikan Twitter bisa digunakan oleh bermacam-macam segmen. Dengan Pulse Lab Jakarta (PLJ) Twitter akan memberikan datanya untuk mendukung PLJ dalam mendapatkan masukan terhadap pembangunan sosial dan isu kemanusiaan.

Untuk UKM, Twitter akan meluncurkan solusi agar UKM dapat berhubungan dan berjualan kepada follower-nya di Indonesia dan seluruh dunia. Twitter sendiri sedang menguji coba kemampuan e-commerce dengan membeli langsung di Twitter di Amerika Serikat sejak tahun lalu.

Twitter juga menggunakan upaya #Twitter4Good untuk memahami lebih baik tren dan isu sosial, serta bekerja sama dengan LSM di Indonesia. Contoh LSM yang terlibat adalah Akademi Berbagi, Girls in Tech Indonesia, ICT Watch, dan Onno Centre.

Hal ini merupakan salah satu upaya Twitter untuk memberikan kontribusinya bagi Indonesia. Costolo sendiri memastikan bahwa Twitter akan membawa solusi periklanan ke sini. Hal yang sama juga dilakukan oleh Google dan Facebook saat membuka kantor perwakilan di Jakarta.

Kantor Twitter di Jakarta sendiri terletak di One Pacific Place dan diperkenalkan awal bulan ini melalui akun @TwitterID. Operasional kantor Jakarta dipimpin oleh Rick Mulia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…