Categories

Berita

Berumur Enam Tahun, Tokopedia Gelar Kampanye “Ciptakan Peluangmu”

Tokopedia juga umumkan dua kemitraan baru dengan Indomaret dan Go-Jek

Adjie Priambada - 18 August 2015

/ DailySocial

Salah satu pemain terdepan dalam industri e-commerce Indonesia, Tokopedia, kini telah genap berusia enam tahun. Di perayaan ulang tahunnya, Tokopedia meluncurkan kampanye “Ciptakan Peluangmu” sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku UKM Indonesia. Selain itu, Tokopedia juga umumkan dua kemitraan barunya, yakni dengan Indomaret untuk kemudahan pembayaran dan Go-Jek untuk kemudahan pengiriman barang.

Bersamaan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke -70 (17/8), Tokopedia kini telah genap berusia 6 tahun. Menyambut usianya yang keenam, Tokopedia menggelar kampanye “Ciptakan Peluangmu” yang berdasarkan kepercayaan bahwa pemiliki UMKM online akan menjadi tulang punggung Indonesia di masa mendatang.

Kampanye “Ciptakan Peluangmu” berupaya untuk mengajak para merchant berbagi pengalaman, ilmu, dan keterampilan melalui beragam kegiatan, seperti roadshow. Diungkapkan oleh CEO Tokopedia William Tanuwidjaja, melalui kampanye ini diharapkan akan tercipta lebih banyak bisnis-bisnis baru lainnya yang berdampak positif bagi pelaku bisnis dan juga lingkungan sekitar.

“Bagi kami, sejak hari pertama, kami percaya bahwa kesuksesan itu hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain untuk menjadi lebih sukses. Maka dari itu hari ini kami meluncurkan kampanye “Ciptakan Peluangmu” agar lebih banyak ada kisah sukses lain tercipta,” ujar William.

Selam enam tahun beroperasi, saat ini bisnis Tokopedia telah didukung oleh lebih dari 300 ribu merchants, dengan pencapaian 6 juta transaksi setiap bulannya. Untuk sistem pembayaran, selain melalui debit card, Tokopedia juga kini telah menyediakan pembayaran melalui Indomaret dan juga kartu kredit. Sedangkan untuk logistik, setidaknya sudah ada 9 perusahaan logistik yang telah bekerja sama dengan Tokopedia, termasuk di dalamnya seperti JNE dan TIKI.

Umumkan dua kemitraan baru

Di sela-sela pengumuman kampanye “Ciptakan Peluangmu”, William juga mengungkapkan bahwa saat ini Tokopedia telah menjalin kerja sama dengan Indomaret untuk kemudahan pembayaran dan Go-Jek untuk kemudahan pengiriman. Pun demikian, dijelaskan oleh COO Tokopedia Leontinus Alpha Edison (Leo), kerja sama dengan Indomaret terjalin lebih dahulu, diikuti oleh kemitraan dengan Go-Jek yang saat ini masih dalam tahap uji coba.

Pada dasarnya, kerja sama dengan pihak Indomaret bertujuan untuk memberikan kemudahan pembayaran bagi pengguna Tokopedia yang tidak memiliki rekening bank. Berdasarkan keterangan di Blog Tokopedia, pembayaran melalui Indomaret ini tidak perlu konfirmasi karena pembayaran pengguna otomatis langsung diverifikasi. Yang menarik, menurut Leo, jumlah transaksi melalui pembayaran di Indomaret ini mampu menyamai transaksi metode pembayaran lain meskipun terbilang tidak praktis.

“Sejak hari pertama kami coba, (jumlah) transaksinya mampu menyamai transaksi yang melalui kartu kredit atau debit. Saya sendiri terkejut melihatnya, mengingat metode ini terbilang lebih tidak praktis dibanding yang lain, karena kita pesan malalui desktop atau mobile, tapi bayarnya harus keluar dulu, ke mini market dulu,” ujar Leo.

Metode pembayaran lewat Indomaret ini bisa digunakan untuk membeli produk apapun di Tokopedia dengan minimal transaksi sepuluh ribu Rupiah dan maksimal transaksi lima juta Rupiah, belum termasuk biaya transaksi lainnya.

Lain lagi dengan Go-Jek yang kemitraannya masih baru-baru ini berjalan. Fitur ini masih dalam tahap uji coba dan baru bisa dinikmati oleh kalangan merchant yang tergabung dalam program Gold Merchant Tokopedia. Diungkapkan Leo, dengan statusnya yang masih dalam tahap uji coba, wilayah operasionalnya pun masih terbatas pada dalam kota Jakarta saja.

Leon mengatakan, “Saat ini, kerja sama dengan Go-Jek masih dalam status trial. […] Wilayahnya juga masih terbatas di dalam Jakarta, tetapi ke depannya kita akan coba hadir di mana Go-Jek juga hadir. Sekarang kami mau kumpulin datanya dulu untuk melihat feedback dari layanan ini.”

Meski telah bermitra dengan sembilan layanan logistik, kemitraan dengan Go-Jek bisa menjadi keunggulan tersendiri, khususnya dalam kecepatan pengiriman dalam kota. Dengan menggunakan Go-Jek, diakui Leon, waktu pengiriman barang dapat dipangkas menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan jasa logistik biasa.

Leon juga mengungkapkan bahwa Tokopedia juga tak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan layanan serupa, seperti GrabBike.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter