Telkomsel Susul Tawarkan Carrier Billing di Google Play (UPDATED)

Telkomsel Susul Tawarkan Carrier Billing di Google Play (UPDATED)

Mempermudah konsumen jika ingin membeli konten, tetapi dengan tambahan biaya PPN10% dan service charge 2%
Kemudahan Pembelian Aplikasi Menggunakan Fasilitas Carrier Billing Bagi Pelanggan Telkomsel / Telkomsel
Kemudahan Pembelian Aplikasi Menggunakan Fasilitas Carrier Billing Bagi Pelanggan Telkomsel / Telkomsel

Kemudahan Pembelian Aplikasi Menggunakan Fasilitas Carrier Billing Bagi Pelanggan Telkomsel / Telkomsel

Dua bulan setelah Indosat menginisiasi kemudahan carrier billing untuk pembelian aplikasi di Google Play, operator dengan jumlah pelanggan terbesar di Indonesia Telkomsel menyusul dengan memberikan kemudahan yang sama bagi pelanggan prabayar dan pascabayarnya. Tak cuma itu, Telkomsel juga menghadirkan kanal eksklusif “Zona Seru Telkomsel” di dalam Google Play.

Telkomsel menyebutkan bahwa mereka saat ini memiliki 20 juta pengguna Android, atau 55% dari keseluruhan pengguna smartphone di jaringan ini. Pertumbuhan pengguna Android di dalam jaringannya disebutkan sangat pesat, dengan capaian kenaikan 300% di tahun 2014.

Kehadiran fasilitas carrier billing menjadi peluang monetisasi baru bagi operator, sekaligus memudahkan pelanggan untuk membeli konten Aplikasi, Games, e-Books, dan In-App Purchase/Virtual Items. Selama ini pembelian konten menjadi momok bagi banyak pengguna karena terbatasnya kepemilikan kartu kredit di Indonesia. Setiap pembelian nantinya langsung dipotong pulsa bagi pelanggan prabayar dan dimasukkan ke dalam tagihan untuk pelanggan pascabayar.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Marina Kacaribu dalam rilis persnya mengatakan, “Sesuai dengan visi perusahaan untuk menjadi penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya, maka hadirnya layanan Carrier Billing dengan Google Play Store ini akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pelanggan setia kami untuk melakukan transaksi saat membeli konten digital. Hal ini pun kami harap dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati mobile digital lifestyle dari Telkomsel.”

Tak puas hanya sekedar “mengikuti” jejak operator lain yang telah menawarkan fasilitas serupa, Telkomsel mengklaim menjadi operator pertama di Indonesia yang memiliki kanal eksklusif di dalam Google Play. Bertajuk “Zona Seru Telkomsel”, kanal ini akan merekomendasikan aplikasi-aplikasi untuk pelanggan, termasuk karya pengembang lokal atau permainan yang sedang populer di pasaran.

Kami sedang mengkonfirmasi pihak Telkomsel apakah ada charge tambahan untuk pemanfaatan fasilitas ini. Indosat mengenakan tambahan pajak 10% untuk pembayaran melalui carrier billing dari nilai yang tertera di Google Play.

Update: Pihak humas Telkomsel mengkonfirmasi adanya tambahan PPN 10% untuk pembayaran melalui carrier billing di Google Play

Update 2: Menurut halaman resmi Telkomsel, selain tambahan PPN 10%, ada juga biaya jasa (service charge) sebesar 2%.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…