Samsung Ungkap One UI, Tampilan Baru untuk Update Android Pie pada Ponselnya

Samsung Ungkap One UI, Tampilan Baru untuk Update Android Pie pada Ponselnya

Bukan sebatas penyegaran visual, tapi juga membawa perbaikan dari segi fungsionalitas
Samsung One UI / Samsung
Samsung One UI / Samsung

Samsung boleh memimpin di pasar smartphone Android, akan tetapi bukan rahasia apabila skin Android versinya bukanlah favorit semua orang. Samsung sadar akan hal ini, dan mereka pun memutuskan untuk berbenah.

Dalam konferensi developer-nya baru-baru ini, mereka menyingkap One UI. Update Android Pie yang bakal menghampiri Galaxy S9, S9 Plus dan Note 9 rupanya juga akan datang bersama tampilan baru yang lebih segar.

Bukan hanya secara estetika, One UI juga membawa perbaikan dari segi fungsionalitas. Samsung bilang bahwa One UI memungkinkan interaksi yang lebih mudah meski ukuran smartphone bertambah besar. Caranya dengan membagi tampilan layar menjadi dua zona.

Samsung One UI

Zona tengah ke atas merupakan area visual, biasanya diisi gambar atau teks header berukuran besar. Sebaliknya, zona tengah ke bawah merupakan area interaksi. Dengan begitu, pengguna tak perlu bersusah payah meraih bagian atas layar menggunakan ibu jarinya saat sedang menggunakan smartphone dengan satu tangan saja.

Arahan seperti ini mungkin terkesan seperti menyia-nyiakan ruang yang ada. Namun kalau saya pribadi disuruh memilih, saya lebih mementingkan kenyamanan daripada kelengkapan. Toh terlalu banyak informasi yang ditampilkan secara bersamaan juga bisa membuat bingung.

Pada aplikasi Gallery misalnya, layar besar bukan berarti jumlah foto yang ditampilkan harus lebih banyak, tapi sebaliknya bisa juga lebih sedikit, namun lebih besar ukurannya. Selain lebih manis secara visual, foto-foto tersebut juga bisa disentuh tanpa terlalu presisi. Sekali lagi semuanya demi kemudahan pengoperasian.

Samsung One UI

Terakhir, ada Dark Mode yang lebih menyeluruh, sehingga layar ponsel Samsung yang demikian vibrant tidak ‘membutakan’ mata ketika digunakan sebelum tidur malam. Dark Mode secara teori juga berguna untuk menghemat baterai pada perangkat yang mengemas panel layar jenis AMOLED.

Update One UI saat ini telah dirilis, tapi masih dalam status beta dan untuk konsumen di beberapa negara saja. Perilisan versi finalnya dijadwalkan berlangsung mulai Januari 2019.

Sumber: The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…