Rukamen Berambisi Menjadi Portal Pencarian Apartemen Nomor Satu di Indonesia

Rukamen Berambisi Menjadi Portal Pencarian Apartemen Nomor Satu di Indonesia

Pihaknya mengklaim Rukamen lebih sederhana, mudah dan mendetil dalam menyajikan informasi mengenai apartemen
Rukamen berambisi jadi portal pencarian apartemen nomor satu di Indonesia / Shutterstock
Rukamen berambisi jadi portal pencarian apartemen nomor satu di Indonesia / Shutterstock

Rukamen berambisi jadi portal apartemen nomor satu di Indonesia / Shutterstock

Bagi Kristian Bunjamin dan Pauliady Widjaja, layanan yang selama ini ada belum memudahkan dalam pencarian properti, terutama apartemen. Itulah mengapa akhirnya Kristian dan Pauliady mendirikan Rukamen yang berusaha menjadi portal utama yang menyajikan informasi mengenai apartemen dengan lebih sederhana dan mudah.

Pauliady Widjaja yang juga bertindak sebagai Business Development Director mengungkapkan pengalamannya yang kesulitan mendapatkan informasi apartemen.

“Saya tahu bangunan seperti apa yang saya inginkan untuk saya tinggali, tapi saya tidak bisa menyaring hasil (pecarian) hanya berdasarkan pada bagunan itu, ” ujar Pauliady.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya percaya bahwa pencarian apartemen harus diberlakukan berbeda dengan pencarian properti jenis lainnya. Dengan pendekatan seperti itulah pada akhirnya Rukamen dihadirkan untuk menyederhanakan metode pencarian khusus untuk apartemen.

Rukamen seperti tercantum dalam situs resminya tampak percaya diri dengan keunggulan kemudahan pencarian apartemen dengan berdasarkan lokasi dan detail bagunannya. Pihak Rukamen juga mengklaim sebagai portal pencarian apartemen pertama yang menyuguhkan instant payment menggunakan kartu kredit dengan pembayaran yang disediakan oleh Veritrans.

Rukamen juga sangat yakin bahwa apartemen adalah jenis hunian masa depan bagi penduduk di Indonesia. Menurut data internal Rukamen bisnis apartemen di Indonesia sedang berkembang dengan pesat dalam kurun waktu lima tahun belakangan.

“(Saat ini) Rukamen mencatat ada 450 profil apartemen di seluruh Indonesia. Dari mereka, 100-150 bangunan baru selesai, sedang dibangun, atau dalam tahap perencanaan, ” ungkap Pauliady.

Ia menambahkan, hal tersebut juga merupakan gambaran pertumbuhan begitu cepat di industri ini. Meski melihat perekonomian Indonesia yang sedang melambat ditandai dengan merangseknya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Pauliady tetap optimis dan berkeyakinan bahwa situasi ini akan segera membaik dalam waktu dekat.

Rencana ke depan

Berbasis di Jakarta saat ini Rukamen hanya terdiri dari tiga orang karyawan penuh waktu dan empat orang karyawan paruh waktu. Dalam satu semester ke depan Pauliady mengungkapkan pihaknya ingin fokus pada peningkatan basis pengguna dan pembenahan situs mereka.

“Dalam enam bulan ke depan, menemukan investor tidak benar-benar menjadi prioritas utama bagi kami. Kami lebih peduli dengan pertumbuhan basis pengguna dan isi situs,” papar Pauliady.

Ia lebih jauh juga menyampaikan bahwa mereka berambisi untuk menjadi potal pencarian apartemen nomor satu di Indonesia. Semua itu diukut melalui traffic, jumlah listing yang ada dan user experience yang di dapat pengguna. Untuk mencapai itu semua mereka melakukan pendekatan melalu aplikasi mobile.

“Indonesia memiliki salah satu jumlah terbanyak dari pengguna ponsel di dunia, dan kita tidak bisa mengabaikan potensi itu,” kata Pauliady.

“Namun, kami juga menyadari bahwa hanya sebagian kecil orang di Indonesia uang mencari properti mereka melalui ponsel. Kami berharap untuk mengubahnya seperti yang kita lihat di Zigbang Korea,” pungkasnya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…