Browser versi beta terbaru dari Opera kini telah dirilis, Opera 10.60. Sebagai browser yang mengklaim sebagai the fastest browser on Earth, browser versi terbaru ini juga tetap menghadirkan kecepatan sebagai keunggulan utama.

Seperti yang dikatakan lewat pengumuman resmi mereka, Opera 10.60 lebih cepat 50% dari versi yang terdahulu, serta ditambahkan berbagai standar teknologi browser terbaru. Seperti dukungan Geolocation serta WebM untuk HTML5 video, serta berbagai perkembangan baru atas user interface mereka.

Versi beta terbaru ini juga menyediakan fitur Search Suggestions yang lebih efisien serta beberapa kerjasama dengan rekanan mereka untuk usulan pencarian yang terdapat di Speed Dial serta Search Box. Opera juga tetap menawarkan beberapa kelebihan lain yang menjadi unggulan browser mereka seperti Opera Turbo, Opera Unite serta Opera Link yang memungkinkan anda untuk melakukan sinkronisasi Speed Dial, notes serta preferensi browser anda, yang bisa diakses dari mana saja, selama terkoneksi dengan Opera.

Versi Beta Opera 10.60 telah tersedia untuk pengguna Windows, Mac dan Linux serta bisa anda download di sini.

Satu lagi versi beta terbaru hadir dari Flock, browser yang dijuluki sebagai social web browser karena kemudahannya untuk berinteraksi dengan social network langsung di browser ini, hadir dalam versi beta terbaru mereka, dengan beberapa perubahan yang cukup radikal, salah satunya perubahan dukungan akan teknologi yang ada ‘dibelakang’ browser mereka. Seperti yang dituliskan oleh ReadWriteWeb, jika dulu mereka menggunakan teknologi dari Mozilla Firefox, maka kini mereka menggunakan teknologi Chromium, sama seperti teknologi yang dipunyai oleh Google Chrome.

Saya sendiri dulu menggunakan Flock, karena berbagai fitur social mereka yang cukup menyenangkan, salah satunya upload foto ke Facebook yang bisa langsung dilakukan di Flock, serta berbagai fitur untuk melihat timeline Twitter, Facebook serta social network lain tanpa add-on dan tanpa membuka halaman web, namun saya berhenti menggunakannya karena faktor loading yang lama serta berat dan kecepatan yang kalah jauh dari browser lain, seperti Google Chrome.

Namun kini Flock tampil lebih cepat, sederhana serta lebih bersahabat dengan pengguna. Seperti yang dijelaskan pada situs mereka, Flock tampil lebih modern namun tetap tidak meninggalkan layanan mereka sebagai social web browser.

Beberapa keunggulannya, seperti yang dijelaskan di situs mereka antara lain, Flock Sidebar yang memungkinkan pengguna untuk melihat update dari berbagai aplikasi, seperti social network atau feed berita, lalu fitur yang memungkinkan user melakukan reply atas komentar tertentu, link yang dibagikan oleh pengguna lain atau mengirimkan pesan tanpa harus meninggalkan halaman web yang sedang dibuka.

Lalu ada fitur Groups yang memungkinkan pengguna untuk mengorganisasikan jaringan pertemanan serta feed yang diinginkan oleh masing-masing pengguna. Selain itu Flock juga menyediakan extension, yang bisa ditambahkan ke browser Flock. Extension yang bisa digunakan sama dengan yang tersedia untuk browser Google Chrome. Kerena dibangun dengan teknologi yang sama, Flock juga menjamin extension yang ada tidak akan menimbulkan masalah pada Flock.

Sedangkan ReadWriteWeb mengatakan beberapa kelebihan yang dimiliki Flock, antara lain, adalah fitur Social Search yang memberikan rekomendasi dari jaringan pertemanan pengguna ketika mereka akan melakukan pencarian di address bar, serta fitur dimana pengguna secara langsung bisa membagikan link suatu web tertentu dengan cukup meng-klik ikon ‘bubble’ di sebelah address bar, dan link ini akan langsung dipendekkan menggunakan layanan dari bit.ly.

Versi beta terbaru dari Flock ini baru tersedia untuk pengguna Windows (XP, Vista, 7-English), anda yang tertarik bisa mencobanya dengan melakukan download di link ini.

Untuk Opera, usaha yang mereka lakukan memang harus ekstra untuk terus meraih market share browser versi desktop mereka, dan untuk Flock sepertinya saya akan mencoba kembali menggunakan browser ini dalam beberapa waktu kedepan, dengan satu alasannya adalah kemudahannya dalam membaca, dan melakukan update ke social network, meskipun dengan add-on semacam Yonno fitur ini bisa dilakukan, tapi Flock sepertinya layak mendapatkan kesempatan kedua.

Bagaimana dengan pendapat anda?