Minggu lalu, Anda membaca analisis dan opini Wiku tentang hasil survei Ipsos. Ketika itu, Wiku mengangkat tentang perilaku pengguna internet dalam online shopping. Survei Ipsos tidak hanya menyinggung tentang jual-beli online. Berikut beberapa data yang lebih lengkap tentang perilaku pengguna internet Indonesia yang disebut dalam survei Ipsos tersebut. Saya harap, alih-alih bosan membaca angka-angka berikut, Anda justru mendapatkan ide berdasarkan angka-angka ini.

Email

Sebanyak 9 dari 10 (91 %) pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk membuka dan mengirim email. Jumlah ini menempati peringkat keempat dari 24 negara yang disurvei. Secara global, 85% pengguna internet membuka dan mengirim email ketika mereka sedang online.

Social Media

Indonesia berada di peringkat teratas dalam penggunaan internet untuk social media, termasuk forum dan blog. 83% pengguna internet Indonesia mengunjungi social media saat online. Jumlah ini di atas Argentina (76%), Rusia(75%), Afrika Selatan (73%), Swedia (72%), Spanyol (71%), dan Hungaria (70%). Jika dilihat secara global, 62% pengguna internet di dunia menggunakan internet untuk social media.

Hiburan dan Hobi

Selain untuk social media, 62 % pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk hiburan dan mencari informasi yang berkaitan dengan hobinya. Tertinggi untuk kategori ini adalah Turki (72%) dan yang terendah adalah Arab Saudi (35%). Sedangkan, rata-rata global adalah sebanyak 57%.

Jenis hiburan yang dicari pengguna internet Indonesia berdasarkan hasil survei Ipsos ini diungkap oleh Kompas Tekno. Pengguna Indonesia terutama paling sering mengunduh dan streaming musik (60%), film (43%), game online (27%), dan menonton televisi melalui live streaming (23%).

Selain hal tersebut di atas, Ipsos juga melakukan survei perilaku pengguna internet global dalam beberapa hal lain. Hasilnya, Ipsos menemukan bahwa 14% pengguna internet menggunakan internet untuk melakukan panggilan VoIP, 59% untuk internet banking, 41% untuk mencari pekerjaan.

Laporan Ipsos tentang hasil survei ini bisa Anda baca di halaman-halaman berikut sesuai kategorinya. Untuk kategori Komunikasi dan Jejaring Sosial, Hiburan dan Permainan, Belanja dan Keuangan Pribadi.

Sumber Gambar: WhoUsesDrupal.