Lima Kiat Sukses Pendiri Startup

Lima Kiat Sukses Pendiri Startup

Upayakan untuk terus mengasah kreativitas anda sebagai pendiri startup dan bangun tim yang solid
Lima Kiat Sukses dari Co-Founder Gogobot Travis Katz / Shutterstock
Lima Kiat Sukses dari Co-Founder Gogobot Travis Katz / Shutterstock

Belajar dari pengalaman pendiri startup yang telah meraih kesuksesan bisa memotivasi semangat dan cita-cita bagi anda pendiri startup baru. Jatuh bangunnya membangun usaha memang tidak bisa dihindari, seperti yang diceritakan oleh Travis Katz, Co-Founder Gogobot, yang saat ini sukses membangun situs pencari tempat-tempat wisata menarik, tempat makan, hingga tempat istirahat yang saat ini telah memperoleh pendanaan Seri C sebesar $20 juta akhir tahun lalu.

Dalam halaman Medium-nya, Travis Katz berbagi pengalaman bagaimana membangun startup sejak awal dan tips serta trik untuk mengatasi kendala yang kerap terjadi.

Dengarkan keinginan konsumen

Sebagai pendiri perusahaan serta pemilik produk, tentunya Anda harus yakin benar terhadap ide bisnis yang Anda miliki, namun hal yang tidak kalah penting adalah memvalidasi ide bisnis anda kepada target pasar, dalam hal ini konsumen yang ingin dibidik. Jika di awal usaha Anda memiliki produk yang kurang diterima oleh masyarakat, jangan langsung menyerah. Lakukanlah rangkaian survei, dialog, hingga permintaan feedback kepada konsumen, fitur atau layanan apa yang dinilai masih kurang atau butuh perbaikan.

Perubahan kecil atau inovasi baru yang anda lakukan bisa jadi akan diterima dengan baik oleh konsumen. Seperti halnya Gogobot, situs yang pada awalnya berfungsi sebagai sumber perjalanan wisata, setelah dilakukan perubahan kecil di aplikasi mobile ternyata mampu meningkatkan traksi pengguna.

“Biarkan pengguna menantang produk yang anda buat dan terima masukan dari mereka dengan baik. Dengan begitu Anda bisa membuka potensi lebih besar untuk perbaikan produk untuk perkembangan jangka panjang.”

Ciptakan tim yang solid

Carilah orang yang bukan hanya menyukai produk yang Anda buat tapi juga memiliki semangat dan gairah yang tinggi untuk berkembang bersama dengan perusahaan. Berikanlah ruang yang nyaman untuk mereka memberikan kontribusi inovasi dan kreativitas dalam naungan perusahaan.

Jika Anda menemui beberapa anggota tim yang kurang mendukung dan hanya berharap mendapatkan gaji di akhir bulan saja, mulailah untuk mengurangi jumlahnya dan rekrut benar-benar orang yang sesuai dengan Anda, bisa bekerja dengan tim, dan menyukai rekan kerja hingga pimpinan.

“Jangan sia-siakan waktu anda yang berharga memaksakan orang-orang yang tidak bisa bekerja sama dengan baik, lakukanlah hal yang pasti dan move on.”

Adopsi perubahan

Teknologi kerap mengalami perubahan dan kemajuan, cari tahu terus perkembangan apa di dunia teknologi yang dapat berpengaruh terhadap produk dan layanan yang anda miliki. Manfaatkan dengan baik keuntungan dari teknologi yang relevan dengan produk yang anda miliki, dan jangan terpengaruh atau tergantung dengan beberapa cara atau strategi yang ada, teruslah berinovasi, dan tentunya peka dengan perkembangan yang ada.

“Pikirkan dengan benar  tentang bagaimana orang akan mengadopsi teknologi dan bagaimana Anda mungkin perlu untuk ‘mengganggu’ diri Anda agar mengakomodasi perubahan tersebut.”

Eksplorasi diri

Saat Anda tengah kesulitan menemukan inspirasi atau inovasi baru, cobalah cari di luar kantor. Saat-saat istimewa bersama keluarga atau orang-orang terdekat kadang kala bisa menjadi sumber inspirasi yang berguna. Travis menyukai berkumpul bersama keluarga demi mendapatkan ide segar untuk startup yang ia dirikan.

“Habiskan waktu di luar kantor sebisa mungkin dan percayalah anda akan menemukan kreativitas segar tanpa anda sadari.”

Pemasukan jangka panjang

Jika anda percaya produk startup anda dapat memberikan kontribusi jangka panjang kepada masyarakat maka percayalah pendapatan secara otomatis akan anda peroleh. Hindari keinginan untuk mendulang uang dalam waktu cepat dengan jumlah yang banyak saat mendirikan startup. Hal itu hanya akan mematikan kreativitas dan kemajuan dari startup anda.

“Jika Anda memiliki semangat yang besar dalam membangun startup dan memulai usaha proses tersebut dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan.”

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Tips
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…