Satu lagi layanan perbandingan produk finansial bakal hadir di kancah industri tanah air. CekAja menjadi layanan berikutnya yang menyasar segmen ini dan segera fully launch dalam waktu dekat. CekAja didirikan dengan dukungan Mountain SEA Ventures sebagai investor. Salah seorang pendirinya, John Patrick (J.P.) Ellis yang bukan nama asing di dunia startup Indonesia. J.P. Ellis sebelumnya bersama Harpoen sempat memenangkan Sparxup 2012 untuk kategori Social Network.

Seharusnya pembaca tidak lagi bingung dengan segmentasi CekAja. Setelah membahas HaloMoney panjang lebar, kita tahu bahwa situs ini seperti halnya situs perbandingan harga tiket pesawat ataupun harga hotel. Bedanya yang dibandingkan adalah produk-produk finansial yang bersifat pribadi. CekAja saat ini baru bisa diakses untuk perbandingan produk kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA, personal loan). Sesuai dengan yang sudah tercantum di situsnya, nantinya CekAja akan memberikan informasi yang lebih lengkap lagi terkait produk pinjaman, asuransi, tabungan, deposito, dan bahkan produk finansial syariah.

Menggunakan informasi yang terpampang di layanan ini jelas lebih memudahkan bagi konsumen untuk membandingkan berbagai produk finansial tanpa perlu tak direcoki oleh agen yang mencari komisi dan bombardir SMS dari orang-orang yang tidak peduli privasi. Bank sendiri bisa memanfaatkan layanan seperti ini untuk mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengakuisisi konsumen. Sementara di sisi startup, mereka bisa memperoleh pendapatan dari marketing fee dan slot iklan yang dihadirkan di situsnya.

Menarik disimak bahwa pasar Indonesia tiba-tiba dibanjiri oleh layanan sejenis, padahal sesungguhnya model bisnis seperti ini tidaklah benar-benar baru karena sudah ada di Eropa sejak awal masa dotcom bubble. Mungkin para pelaku bisnis sudah merasa bahwa sekarang adalah waktu yang tepat buat mereka memasuki pasar Indonesia dengan konsep seperti ini, setelah konsep yang sama di bidang traveling dan consumer electronics mudah dipahami oleh konsumen di Indonesia. Omong-omong soal layanan perbandingan harga, baru saja layanan perbandingan harga PriceArea diakuisisi oleh Yello Mobile yang berasal dari Korea Selatan.

CekAja sendiri belum resmi diluncurkan dan kami belum memperoleh informasi tambahan terkait kelengkapan produk-produk yang diperbandingkannya. Silakan coba fitur perbandingan harga untuk produk kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan, dan informasikan kepada kami soal pengalaman menggunakannya.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.