Inisiatif Internet.org yang digawangi oleh Facebook hari ini resmi meluncurkan sebuah aplikasi dan layanan di Indonesia. Aplkasi yang juga dinamai Internet.org ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses berbagai layanan internet tanpa harus mengeluarkan biaya. Salah satu layanan yang masuk sebagai sub-layanan di aplikasi Internet.org adalah media sosial pembelajaran Kelase.

Kelase terpilih menjadi menjadi mitra penyedia konten dan mendukung aplikasi Internet.org. Dengan masuknya Kelase ke dalam aplikasi tersebut, kini pengguna dapat mengakses layanan Kelase secara gratis melalui aplikasi tersebut di perangkat Android menggunakan konektivitas Indosat.

Kelase diciptakan sebagai sebuah platform media sosial yang memberikan pengalaman belajar baru dan mempromosikan kolaborasi serta pembelajaran campuran (blended learning). Kelase membantu sekolah-sekolah, organisasi, dan masyarakat untuk menyediakan jaringan pembelajaran sosial dan menjembatani kesenjangan komunikasi antara guru, siswa dan orang tua.

Kelase juga menyediakan pengalaman belajar yang menyenangkan melalui gamifikasi dan konten pendidikan gratis, merealisasikan kemungkinan untuk belajar di mana saja dan kapan saja tanpa batas menggunakan perangkat apapun. Menanggapi peluncuran aplikasi Internet.org di Indonesia yang di dalamnya melibatkan Kelase, Co-Founder dan Chief Operating Officer (COO) Kelase Winastwan Gora kepada DailySocial mengatakan bahwa ini merupakan sebuah kejutan yang membahagiakan.

Dalam kesempatan yang sama Gora juga menceritakan bahwa proses terpilihnya Kelase menjadi salah satu rekanan Facebook dalam inisiatif Internet.org, “Awalnya pihak Facebook mendapatkan informasi tentang kelase melalui pemberitaan DailySocial dan Tech in Asia, selanjutnya mereka melakukan follow up, dan mengajak Kelase untuk bergabung ke dalam inisiatif Internet.org.”

Gora melanjutkan, “Kerja sama dalam inisiatif tersebut juga menuntut Kelase untuk memenuhi standar kriteria yang dimiliki Facebook sebagai perusahaan global dan kredibel untuk inisiatif Internet.org. Akhirnya kita melengkapi kebutuhan untuk memenuhi standar tersebut dengan melakukan pengembangan lebih lanjut.”

Tak tanggung-tanggung, perwakilan Facebook dari Amerika Serikat juga datang langsung ke Indonesia untuk menyaksikan bagaimana Kelase diimplementasikan di sekolah.

Kelase - Facebook - Internet.org / Dokumentasi Winatswan Gora

Sebagai layanan inovatif yang memberdayakan teknologi yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Kelase tidak bisa melewatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan perusahaan yang memiliki begitu banyak potensi dampak. Dengan kemitraan bersama perusahaan seperti Facebook dan Indosat Kelase berharap dapat memperluas jangkauan dan mendapatkan wawasan yang lebih luas agar mampu mengembangkan produk dan layanan dengan lebih baik.

Tak menuntup kemungkinan juga, dengan adanya kerja sama ini akan memberikan jalan yang lebih mulus bagi Kelase untuk memperluas cakupan ke ranah global. Selain Kelase, beberapa portal website seperti KapanLagi dan Bola.net juga turut menjadi bagian di aplikasi tersebut.

Terkait dengan update terkini dari Kelase, portal media sosial edukasi ini kini telah digunakan oleh 7500-an pengguna di berbagai penjuru Indonesia. Saat ini tim pengembang juga tengah mempersiapkan untuk meluncurkan versi baru dari aplikasi mobile Android, marketplace konten edukasi, dan aplikasi messenger/chatting Android dalam waktu dekat.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.