Kelase, startup edukasi  yang menghadirkan Social Learning Network gratis untuk lembaga pendidikan, organisasi, dan komunitas kini hadir dengan sejumlah pembaruan. Perubahan yang dilakukan Kelase meliputi logo, tampilan yang baru, tersedianya versi bahasa Inggris, tambahan beberapa fitur baru, serta kehadiran layanan Planet Kelase sebagai pusat informasi penggunaan Kelase.

Chief Operating Officer (COO) Kelase Winastwan Gora mengatakan pembaruan ini bertujuan untuk makin memudahkan penggunanya dalam mengakses Kelase dengan merancang ulang tampilan antar mukanya. Ia menambahkan bahwa perubahan ini juga dilakukan berdasarkan masukan penggunanya.

Selain perubahan tampilan, Kelase juga melakukan perubahan logo.Pada awal diluncurkan Kelase menggunakan logo bertemakan buku, dalam versi baru ini Kelase resmi menggunakan logo baru bertemakan “Conversation” (percakapan) dengan bentuk balon dialog dengan logo huruf K di tengah. “Perubahan ini menguatkan simbol fungsionalitas dan kesan simpel dan modern dari Kelase,” tambah Gora.

Fitur-fitur baru Kelase

Tambahan fitur baru meliputi versi bahasa Inggris, editor formula matematika yang baru, dan kalender terintegrasi. “Terdapat permintaan agar Kelase juga punya versi Bahasa Inggrisnya, terutama permintaan dari pada dosen Perguruan Tinggi Jurusan Bahasa Inggris serta dari para guru yang sekolahnya menggunakan dua bahasa, sehingga kami berupaya keras untuk mewujudkan keinginan pengguna tersebut” ujar Co-Founder dan CEO Kelase Brimy Laksmana.

Tersedianya fitur dalam bahasa Inggris juga akan memudahkan Kelase untuk mengenalkan platform-nya kepada jejaring pendidikan yang telah dimiliki di kawasan Asia Tenggara.

“Dari sisi teknologi, di versi yang baru ini kami sudah siapkan Kelase agar dapat diakses lebih cepat dari luar Indonesia. Kami juga akan mengembangkan komunitas Kelase di luar negeri dengan jejaring yang kami miliki dan dengan segala keterbatasan yang ada” ungkap Gora.

Total pengguna Kelase per bulan Januari 2014 telah mencapai lebih dari 7000 orang yang berasal dari sekitar 1900 lembaga pendidikan dengan pengguna aktif  sebanyak 60 persen. Kelase juga telah mengkurasi 800 konten edukasi gratis dari berbagai sumber.

Kelase juga melakukan perubahan pada fitur penyunting formula atau rumus, menggantinya dengan fasilitas yang lebih simpel. Kalender terintegrasi yang berisikan semua jadwal kegiatan dari mulai kegiatan pribadi, lembaga atau organisasi, kelas serta komunitas juga dihadirkan dalam satu tampilan.

Fitur baru lainnya yang tersedia adalah update data yang real-time. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat perubahan data (pesan, status, notifikasi, serta konten lain yang dibagikan secara langsung tanpa harus melakukan refresh pada web browser.

Portal Informasi Planet Kelase

kelase-3

“Untuk memudahkan pengguna mempelajari cara pemanfaatan Kelase, maka kami menghadirkan Planet Kelase, yaitu sebuah portal informasi yang berisi tentang dokumentasi, artikel serta berita terbaru mengenai Kelase” tutur Gora. Saat ini Kelase telah menyediakan layanan dukungan pengguna via email support, namun untuk lebih memudahkan pengguna untuk bertanya, dihadirkanlah Planet Kelase ini.

Startup ini juga berencana akan meluncurkan aplikasi Android versi baru, aplikasi messenger untuk platform Android, dan marketplace konten edukasi untuk guru dan siswa dalam beberapa bulan mendatang.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.