Internet Bukan Hanya tentang Infrastruktur

Internet Bukan Hanya tentang Infrastruktur

photo 4-2
photo 4-2

Data jumlah pengguna Internet Indonesia yang sudah besar, juga pemilik akun media sosial, serta penetrasi penggunaan telepon selular yang tinggi rasanya sudah sering kita lihat. Kita bahkan bisa melihat sendiri bagaimana internet telah digunakan orang di sekitar kita. Namun di sisi lain, rasanya banyak pihak yang sepakat bahwa infrastruktur internet Indonesia masih perlu ditingkatkan kualitas maupun penyebarannya. Hal tersebut sudah menjadi kewajiban yang tak bisa ditawar lagi, seperti layaknya kewajiban meningkatkan infrastruktur primer lainnya.

Internet bukan hanya soal infrastruktur. Membangun infrastruktur masih memerlukan waktu dalam hal pembenahan regulasi hingga eksekusi di lapangan. Pemanfaatan Internet sebesar-besarnya untuk kemajuan dan kemakmuran bangsa bisa dilakukan secara paralel dengan pembenahan infrastruktur Internet, sehingga bangsa kita bukan hanya menjadi konsumen teknologi.

Fungsi Internet yang Luas

Dengan berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi Indonesia, secara internal maupun eksternal, maka Internet dapat didorong untuk memiliki beberapa fungsi dalam pembangunan tiap sektor maupun lintas sektoral. Fungsi-fungsi tersebut adalah informasi, peningkatan kapasitas SDM, perbaikan manajemen, dan akselerasi pertumbuhan.

Internet berfungsi sebagai saluran informasi menjadikannya sebagai ruang untuk menyampaikan pendapat oleh publik dan juga sarana bagi kebebasan pers. Selain itu, publik juga bisa mengakses informasi yang jadi haknya yang telah diatur dalam keterbukaan informasi publik. Yang tak kalah pentingnya adalah disediakan akses informasi yang berguna untuk kegiatan dan kepentingan masyarakat, termasuk informasi yang mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.

Internet juga berfungsi dalam peningkatan kapasitas SDM, dalam hal ini bukan hanya fungsinya dalam dunia pendidikan, tapi juga dalam sektor yang lain. Contoh fungsinya adalah menjadikan Internet sebagai sarana peningkatan kapasitas aparat pemerintahan dengan berbagai program e-learning/mobile learning yang diadopsi untuk mempermudah penyerapan berbagai program dan aturan baru dari pemerintah. Juga peningkatan kemampuan masyarakat untuk mengolah sumber daya alam dengan menyediakan sarana pembelajaran pertanian, perkebunan, dan perikanan melalui Internet dan mobile misalnya.

Sedangkan fungsi sebagai perbaikan manajemen berarti internet dipakai pemerintah untuk menciptakan tatakelola pemerintahan yang baik dan juga bisa meningkatkan kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan publik. Tidak hanya itu, perbaikan manajemen juga diperlukan untuk menciptakan integrasi lintas sektoral dalam memanfaatkan data, layanan, dan sinkronisasi birokrasi.

Yang tak kalah pentingnya adalah fungsi sebagai akselerasi pertumbuhan dengan berpikir secara kreatif untuk menghilangkan hambatan dan memberikan ruang bagi tiap sektor untuk bertumbuh memanfaatkan Internet. Internet bisa menciptakan para wirausahawan dan jenis usaha baru yang mengakselerasi perekonomian kita.

Dari Mana Memulai?

Pemerintah mempunyai berbagai program dan bidang prioritas. Pemerintah dapat memetakan keempat fungsi Internet di atas ke dalam program-pogramnya. Diperlukan kemampuan pemahaman menyeluruh terhadap permasalahan di lapangan serta kejelian menentukan solusi dan teknologi yang tepat dalam mendukung keberhasilan program tersebut.

Sebagai contoh, prioritas pemerintah dalam pembangunan desa dan daerah, termasuk pelaksanaan UU Desa, dapat didukung oleh fungsi-fungsi Internet di atas. Internet (dan mobile) dapat dipakai untuk mensosialisasikan UU Desa serta meningkatkan kapasitas SDM perangkat desa dengan menyediakan learning tools yang bisa diakses setiap saat. Kemudian dengan kreatif bisa digunakan maupun diciptakan berbagai sistem dan aplikasi yang mampu meningkatkan tatakelola desa sekaligus sebagai sumber data untuk mengetahui berbagai permasalahan dan potensi desa. Kemudian juga dapat berbagai desa dengan potensi serupa dapat diberikan akses ke platform yang mampu memberikan pertumbuhan ekonomi bagi desa-desa tersebut, misal menyiapkan marketplace komoditi petani dan peternak agar bisa diakses lintas daerah sehingga memenuhi kebutuhan nasional, atau contoh lain adalah membantu para pengusaha UKM agar bisa menjangkau konsumen luar negeri melalui berbagai saluran distribusi global.

Untuk program pemerintah tentang lapangan kerja dan kewirausahaan, industri internet telah terbukti menghasilkan berbagai peluang bisnis baru, wirausahawan-wirausawan muda, dan pada akhirnya memberikan lapangan kerja serta nilai tambah ekonomi. Pemerintah semestinya menciptakan regulasi dan iklim yang mendorong cepatnya pertumbuhan para pebisnis tersebut, termasuk mempermudah akses permodalan dari mana saja. Sifat bisnis berbasis Internet memerlukan modal relatif lebih besar dibanding bisnis UKM pada umumnya dan bisnis yang unbankable di awal karena tidak berbasis aset tangible.

Bukan hanya berkiblat pada kemajuan Silicon Valley ataupun belahan dunia yang lebih maju, Indonesia juga bisa dikembangkan menjadi pusat outsource teknologi informasi berpasar global seperti halnya India, sehingga menyerap lebih banyak tenaga kerja hingga tingkatan teknisi. Dengan adanya SMK TI, juga banyaknya sekolah tinggi dan universitas yang menghasilkan lulusan TI, ada banyak tenaga kerja yang bisa diserap di industri outsource TI ini. Pada kenyataannya, saat ini sudah ada perusahaan-perusahaan maupun freelance yang mengerjakan berbagai pekerjaan yang di-outsource dari luar negeri. Berbeda dengan manufaktur, industri outsource TI tidak memerlukan dukungan infrastruktur masif seperti pelabuhan atau kawasan industri.

Solusi yang Kreatif dan Sinkron

When you start looking at a problem and it seems really simple, you don’t really understand the complexity of the problem. Then you get into the problem, and you see that it’s really complicated, and you come up with all these convoluted solutions. That’s sort of the middle, and that’s where most people stop…But the really great person will keep on going and find the key, the underlying principle of the problem — and come up with an elegant, really beautiful solution that works.
— Steve Jobs

Pemahaman permasalahan secara menyeluruh mampu menghasilkan solusi yang tepat guna, termasuk dalam pemanfaatan Internet. Diperlukan pendekatan kreatif, karena banyak teknologi dan sistem yang dibangun pada akhirnya tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Pandangan menyeluruh juga dibutuhkan agar semua aspek bisa sinkron dan dalam jalur yang tepat dan konsisten demi kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Andrias Ekoyuono adalah VP Business Development Ideosource. Pernah bekerja di media online terbesar di Indonesia, industri komputer, dan juga telekomunikasi, Andrias sekarang fokus mengelola investasi ke industri teknologi informasi, Internet, dan mobile.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Analisis
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…