Hari ini Twitter secara diam-diam merilis Twitter OAuth untuk konsumsi beberapa developer dalam status private Beta. Apakah Twitter OAuth ini? Twitter OAuth adalah sebuah sistem autentifikasi/pengenalan user Twitter untuk menggunakan layanan berbasis Twitter. Contoh mudah, jika anda menggunakan layanan seperti Ping.fm atau HelloTXT atau Twitter-apps apapun maka anda harus memasukkan identitas/kredensial Twitter anda (user/password). Nah, Twitter OAuth dikembangkan untuk mencegah penggunaan user/password Twitter di tempat lain. Mengingat beberapa kejadian tidak enak yang berhubungan dengan account twitter, maka sepertinya langkah ini merupakan langkah yang tepat untuk menjamin keamanan pengguna.

Sejauh ini sudah ada kurang lebih 150 pengembang yang diberikan akses untuk berpartisipasi dalam pengembangan Twitter OAuth ini. Para pengembang ini nantinya akan mengembangkan aplikasi – aplikasi berbasis Twitter OAuth ini seperti yang terlihat di halaman khusus Twitter OAuth. Di halaman inilah para pengembang juga dapat me-review aplikasi Twitter mereka.

Para khalayak Twitter-pun menyambut hal ini dengan respons positif, karena semoga dengan adanya OAuth ini, pengguna tidak perlu lagi memberikan username/password Twitter mereka ke situs manapun.Hal

Rumor lain menyeruak seputar TweetDeck yang direncanakan dirilis besok. Ada tiga kemungkinan, pertama TweetDeck belum mengaplikasikan OAuth ini dan akan menunda rilisnya hingga diimplementasikan, atau kedua TweetDeck sudah mengaplikasikan OAuth dan menjadi aplikasi Twitter pertama yang menggunakannya. Dan kemungkinan ketiga, TweetDeck belum mengaplikasikannya namun tetap nekat untuk merilisnya besok dan tentunya akan mengecewakan *lumayan* banyak pihak.

sumber:readwriteweb