IdBlogNetwork, sebuah jaringan blog di Indonesia, Jumat, (25/10) mengumumkan kemitraan dengan tim FreakOut APAC untuk memulai program Demand Side Platform (DSP). Dengan platform ini, dalam bahasa yang sederhana, pemilik blog/publisher akan bisa melakukan integrasi dengan beberapa bursa iklan dan SSPS seperti DoubleClick Ad Exchange , OpenX dan sebagainya. Sistem DSP akan memudahkan advertiser dalam melakukan pembelian ruang iklan secara real time.

Bagi para pembeli iklan digital, platform baru  yang diberi nama IdBlogNetwork DSP (IDDSP) ini juga memungkinkan mereka untuk mengatur kampanye dengan beberapa bursa Iklan atau SSPS dengan teknologi real time bidding (RTB). Iklan bisa diprogram berdasarkan data pengunjung  dengan riwayat browsing dan data pengunjung pihak ketiga.

“Selain itu, platform ini juga akan menyediakan berbagai teknologi seperti penargetan kemiripan, penargetan kata kunci dan penargetan domain dengan frekuensi, kemutakhiran serta pemisahan harian Data Management Platform (DMP),” jelas Kukuh T. Wicaksono, CTO dan co-founder IdBlogNetwork kepada DailySocial melalui email.

Menurut Kukuh, untuk publisher dan blog, adanya DSP dan proses integrasi DMP (Data Management Platform) dalam platform idblognetwork membuka harapan untuk publisher mendapatkan lebih banyak supply iklan. “Pengumpulan data audience, user, atau pengunjung blog dapat tercatat dan penyajian iklan pada blog sesuai dengan user dapat lebih relevan.”

IdBlogNetwork sendiri merupakan aggregator blog untuk premium blogger dengan konten yang sesuai. IdblogNetwork hingga saat ini telah memiliki beberapa produk/campaign yang , di antaranya Campaign Per Post (CPP), Campaign Per Tweet (CPT), Campaign Per Action (CPA), Campaign Per Click (CPC), Campaign Per Video Blogging (CPVb).

Dengan kerjasama ini, kedua perusahaan berharap untuk bisa bersama-sama mengembangkan industri periklanan digital pada umumnya, terutama untuk mengedukasi calon pengiklan tentang bagaimana DSP bisa membantu dan bermanfaat dalam mengelola kampanye pemasaran mereka dan bisa menjangkau target audience mereka dengan lebih efisien.

“Teknologi ini akan diaplikasikan pada lebih dari 12.000 data pengunjung blog yang telah dikelola IdBlogNetwork sejak 2010 lalu, yang telah dikunjungi lebih dari 180 juta kali per bulan, digabung dengan infrastruktur media buying global yang dipunyai FreakOut yang telah mengelola lebih dari puluhan juta impresi per bulan (di Jepang, Amerika Serikat dan Asia Pasifik),” pungkas Kukuh.

[ilustrasi foto dari Shutterstock]