Tahun lalu, Huawei merilis cukup banyak varian dari smartphone kelas menengah seri Nova generasi ke-2. Hampir semuanya dibekali dengan fitur menarik seperti konfigurasi dual-camera, bahkan diantaranya punya empat buah kamera, dan desain layar penuh.

Kini Huawei telah mengungkap kehadiran Nova 3, Huawei menaikkan kelasnya dengan dapur pacu yang lebih kuat, desain layar kekinian dengan notch yang menempel di dahi, empat buah kamera, dan banyak lagi.

Kirin 970 dan GPU Turbo

huawei-nova-3-dirilis-7

Bagi saya, hal yang paling menarik ialah penggunaan Mobile AI Processor yakni chipset Hisilicon Kirin 970 pada Nova 3, ini adalah chipset yang sama digunakan pada smartphone flagship P20 dan P20 Pro.

huawei-nova-3-dirilis-4

SoC Kirin 970 ini memiliki NPU (Neural Processing Unit) untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan AI. Didukung dengan besaran RAM mencapai 6GB, ruang penyimpanan 128GB, dan teknologi GPU Turbo yang membuat Nova 3 nyaman buat aktivitas gaming.

Layar Notch

Suka atau tidak, notch seolah menjadi level selanjutnya dari desain layar penuh, Nova 3 mempunyai tonjolan di dahinya. Layarnya sendiri berukuran 6,3 inci, beresolusi Full HD+ dalam rasio 19:9, dengan dimensi yang tetap ramping 157×73,7×7,3 mm, dan berat 166 gram.

Nova 3 berjalan di atas Android 8.1 Oreo dengan user interface EMUI 8.2 yang dijejali sejumlah fitur baru, termasuk diantaranya Qmoji 3D,  scene recognition, dan app optimization.

Empat Kamera

huawei-nova-3-dirilis-1

Sektor fotografi Nova 3 juga mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Huawei menyematkan empat buah kamera, dua di belakang dan sisanya di depan.

Menariknya, konfigurasi kamera ganda di bagian belakang tiba dengan sensor utama RGB 16-megapixel bukaan f/1.8. Sedangkan, sensor kamera sekunder berupa monochrome 24-megapixel.

Sisanya, dua lagi diberikan di depan, resolusinya 24-megapixel dan 2-megapixel untuk selfie dengan latar belakang bokeh.

Ketersediaan Huawei Nova 3

Bagaimana dengan harga dan ketersediaannya? Sebenarnya Huawei baru akan mengadakan sebuah acara untuk meresmikan Nova 3 pada tanggal 18 Juli, namun pemesanan awal sepertinya telah dibuka lebih cepat di patner e-commerce Vmall.

Entah sengaja atau tidak, hal tersebut membuat nyaris semua spesifikasi Huawei Nova 3 terungkap. Tentu saja, saya masih menanti kejutan dari Huawei – karena mungkin saja Huawei akan merilis Nova 3 dalam beberapa varian.

Sumber: GSMArena

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.