Categories

Opini

EVoucher.co.id: Penyedia Layanan Voucher Belanja Elektronik

Wiku Baskoro - 1 November 2010

Layanan daily-deals masih terus tumbuh, salah satunya dikarenakan model bisnis serta target pangsa pasar yang cukup jelas. eVoucher merupakan salah satu pemain daily-deals lokal lain yang juga menawarkan voucher yang bisa dibeli oleh konsumen.

Dalam memberikan layanannya, eVoucher, seperti juga layanan daily-deals lainnya, mempersilahkan para konsumen untuk membeli voucher dalam batas waktu tertentu untuk mendapatkan potongan harga atas berbagai penawaran yang tersedia di situs mereka.

Diskon yang ditawarkan juga bervariasi, seperti yang dijelaskan di situsnya bisa mencapai 90%. eVoucher juga menyediakan sistem referral dengan tawaran pemberian bonus sebesar 15.000 rupiah bagi mereka  yang bisa mengajak teman-temannya untuk ikut bergabung membeli voucher yang ditawarkan eVoucher.

Ada jangka waktu voucher bisa dibeli, demikian juga dengan batas kuota tertentu yang harus dicapai sebelum voucher bisa ditukarkan. Voucher yang nantinya ditukarkan sebagai bukti pembelian dapat dikirimkan dalam bentuk voucher elektronik berupa sms, email, bookmark atau BBM voucher, metode pembayaran yang bisa dilakukan melalui transfer antar bank, kartu kredit atau menggunakan PayPal.

Meski layanan yang disediakan hampir tidak berbeda dengan layanan sejenis, satu hal yang membuat menarik yang ditawarkan oleh eVoucher adalah produk dari penawaran yang tersedia di situs mereka. Meski masih juga menyertakan voucher dari restoran, yang sepertinya menjadi penawaran standar yang diberikan layanan daily-deals, namun eVoucher juga memberikan penawaran diskon untuk berbagai produk elektronik yang sedang populer di Indonesia, seperti BlackBerry, iPad, serta iPhone.

Selain ponsel, eVoucher juga menyediakan beberapa deal untuk produk musik, setidaknya jika dilihat dari deal yang pernah terjadi, eVoucher pernah memberikan potongan untuk produk gitar, mereka juga sedang memberikan penawaran potongan diskon untuk kursus musik. 

Meski untuk penawaran gitar tidak terjual habis, serta penawaran untuk kursus, sampai tulisan ini ditulis, belum memenuhi kuota, namun setidaknya beberapa produk yang ditawarkan oleh eVoucher bisa memberikan pembeda dari layanan sejenis.

Layanan pemberi diskon, voucher atau potongan harga, yang biasanya berlaku harian atau minimal tidak lebih dari 2 hari memang tumbuh pesat, beberapa diantaranya juga akan segera dibahas di DailySocial pada artikel selanjutnya. Pangsa pasar layanan ini juga cukup besar, namun tingkat persaingan juga tentunya muncul dengan semakin banyak layanan sejenis, beberapa diantaranya juga menyasar pengguna perangkat bergerak, salah satunya FunCrowds.

Dengan kisah sukses Groupon, berbagai clone yang muncul di pangsa pasar lokal memang masih harus mengerjakan beberapa PR, salah satunya adalah inovasi dari penawaran yang dilakukan, serta mempelajari pola tingkah laku di pangsa pasar lokal, karena tentu saja penerapan layanan daily-deals disetiap negara akan selalu berbeda.

Penyedia layanan daily-deals ini juga punya dua kosumen yang harus jadi fokus dari layanan yang diberikan, mereka harus melayani para merchant dengan mendatangkan konsumen, disisi lain mereka juga harus memberikan penawaran produk yang menarik untuk para calon pembeli, dua pekerjaan yang tidak mudah juga, terutama bila para penyedia layanan diskon ini punya rencana untuk bertahan dan menjaga sustainabilitas bisnis mereka.

Anda bisa membaca artikel tentang model bisnis a la Groupon dari sisi yang berbeda pada artikel DailySocial dalam Bahasa Inggris pada tautan ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter