Aplikasi Buku BSE Mahoni Sediakan 1600 Koleksi Buku Pelajaran Digital secara Gratis

Aplikasi Buku BSE Mahoni Sediakan 1600 Koleksi Buku Pelajaran Digital secara Gratis

shutterstock_219756838
shutterstock_219756838

Bertepatan dengan pelantikan Presiden Baru Indonesia hari ini (20/10), PT. Mahoni Global atau BSEMahoni, yang bergerak di bidang mobile development, meluncurkan Buku Sekolah Elektronik versi terbaru yang dinamakan BSE 3.0. Peluncuran ini menjadi bagian dari peningkatan layanan buku digital mereka yang dinilai bisa menjadi solusi permasalahan seputar buku di dunia pendidikan Indonesia.

BSE 3.0 ini hadir dengan berbagai peningkatan fitur dan menyediakan 1600 koleksi buku pelajaran resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Buku-buku yang tersedia dalam format digital ini bisa diunduh orangtua atau siswa dari tingkat dasar hingga lanjutan. Sebagai catatan, menurut pihak pengelola Mahoni, sepanjang bulan September 2014 telah diunduh sekitar 1,5 juta buku pelajaran sekolah dari server Mahoni.

Peluncuran ini dinilai tepat waktu karena sejak tahun ajaran baru tahun 2014/2015 berjalan awal Agustus kemarin, para siswa dan guru di seluruh Indonesia mulai mempersiapkan buku-buku pelajaran berbasis Kurikulum 2013 untuk sarana belajar mereka. Sayangnya, kendala geografis dan sentralisasi percetakan di pulau Jawa tidak memungkinkan setiap anak Indonesia mendapatkan materi tersebut dengan cepat dan lancar. Biaya cetak dan distribusi menyebabkan sarana belajar mengajar menjadi makin sulit dan mahal.

Mahoni menganggap solusi buku digital sangat cocok untuk dunia pendidikan Indonesia yang geografinya berbentuk kepulauan dan jumlah pelajar yang banyak. Salah satu cara paling mudah untuk memperoleh buku-buku sekolah berbasis Kurikulum 2013 adalah dengan mengunduh dari server-server yang menyediakan.

“Mahoni mempersembahkan server yang paling lengkap, termasuk buku berbasis Kurikulum 2013 yang bisa diunduh gratis oleh siapa saja dari seluruh Indonesia, termasuk dari pulau-pulau terpencil yang sulit dijangkau,” jelas Co-Founder Mahoni Santoso Suratso seperti dikutip dalam siaran persnya.

BSE 3.0 menawarkan desain menu yang baru dan buku pelajaran sudah mencapai lebih dari 1600 buah. Santoso mengatakan, “Selain layanan mengunduh di situsnya Mahoni.com sebagai mobile developer lokal menciptakan juga mobile aplikasi yang dinamakan ‘Buku BSE’, berfungsi untuk mempermudah saat mengunduh, mengoleksi  dan membaca buku-buku pelajaran.”

Aplikasi “Buku BSE” ini sudah tersedia dalam tiga platform populer, yaitu iOS, Android, dan Windows 8.1. Dengan adanya aplikasi ini, penggunaan  tablet dan gadget tidak lagi digunakan oleh anak-anak hanya untuk browsing, email, media sosial, dan main games, namun juga dapat  untuk membantu proses pembelajaran di sekolah.

“Jika asumsi sebuah buku  berharga Rp 20 ribu saja, maka nilai buku yg didownload selama bulan September lalu senilai Rp. 30 milyar. Ini suatu penghematan yang luar biasa bagi dunia pendidikan Indonesia,” ujar Santoso.

Santoso menambahkan, “Mahoni.com  senang dan bangga bisa membantu program pemerintah untuk ikut menyebarkan buku pelajaran sekolah gratis kepada 50 juta siswa dan tiga juta guru di seluruh Indonesia. Diharapkan dengan kemajuan teknologi maka jutaan siswa dan guru di Indonesia bisa mendapatkan koleksi buku pelajaran sekolah yang lengkap dan gratis.”

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…