Opini 

YouTube Tambahkan Google Moderator Pada Layanan Mereka

YouTube Tambahkan Google Moderator Pada Layanan Mereka

Posted by
Wiku Baskoro

May 31, 2010

Beberapa hari yang lalu YouTube mengintegrasikan Google Moderator, yang merupakan salah satu aplikasi milik Google yang memungkinkan para pemilik channel di YouTube untuk mengajukan berbagai pertanyaan atau topik tertentu pada ‘pemirsa’ mereka, serta memberikan kesempatan pada para penonton untuk melakukan vote atas pertanyaan/topik tersebut.

Dari pengumuman dalam blog mereka, YouTube menjelaskan bahwa Google Moderator merupakan tambahan fasilitas untuk meningkatkan percakapan yang terjadi antara pemilik channel atau uploader video dengan para penonton mereka.

Bagi para pemilik channel di YouTube, Google Moderator bisa sangat berguna untuk mendapatkan feedback serta jenis percakapan lain selain sistem komentar yang telah dimiliki YouTube sekarang. Pemilik channel bisa menentukan parameter apa saja untuk fasilitas ini, seperti topik, panjangnya percakapan yang ingin dibuat serta tipe pengajuan pertanyaan yang akan dilakukan pengguna.

Tanggapan dari para user akan tampil secara real-time, pemilik channel juga bisa menghapus konten yang dianggap tidak sopan, tanggapan dari user juga bisa berbentuk video atau teks saja. Selain itu anda juga bisa meng-embed platform ini di website atau blog anda.

Sebelumnya layanan ini digunakan oleh YouTube untuk video wawancara Presiden Obama serta Perdana Menteri Kanada, Stephen Harper. Kini layanan Google Moderator ini bisa digunakan oleh user umum.

Sebagai sebuah situs yang berfokus pada layanan atas pengguna (penonton video) serta uploader (pemilik channel atau mereka yang meng-upload video) maka Google Moderator memang melengkapi fasilitas komentar atas video yang diperuntukkan bagi para penonton.

Bagi pengguna ‘serius’ yang membutuhkan fasilitas tambahan agar komunikasi bisa dua arah, real-time dan mereka tidak hanya mendapatkan komentar ‘standar’ saja, tetapi berbagai tanggapan yang lebih mendalam, fasilitas Google Moderator ini bisa menjadi jawabannya, minimal anda bisa mengetahui apa yang dinginkan penonton anda, dengan mengajak mereka ‘ngobrol’ dengan pertanyaan atau ‘pancingan’ topik tertentu. Apalagi jika banyak yang menggunakan Google Moderator ini, tidak tertutup kemungkinan YouTube akan mengembangkan lebih jauh fasilitas ini.

Kini percakapan bisa juga dimulai dari para uploader, seperti ajakan untuk mengajukan topik apa yang ingin dibahas di channel mereka atau membuat semacam kuis dengan mengajukan pertanyaan pada penonton tentang menu favorit dan memilih yang terbaik untuk diberi hadiah, seperti beberapa contoh video berikut yang saya ambil dari blog YouTube.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×