Berita 

YouTube Siapkan Platform Live Streaming

YouTube Siapkan Platform Live Streaming

Posted by
Yoga Nandiwardhana

September 15, 2010

YouTube mengumumkan langkah lanjut mereka di dunia video, yaitu percobaan platform live streaming pada tanggal 12-13 September kemarin. Sayangnya layanan streaming ini tidak terbuka bagi semua orang, melainkan baru diperuntukkan untuk partner-partner konten tertentu saja. Empat partner yang diajak YouTube untuk percobaan adalah  Howcast, Next New Networks, Rocketboom dan Young Hollywood.

Menurut Google, platform ini nantinya akan dikembangkan lebih jauh dan dibuka aksesnya ke berbagai partner-partner lainnya. Untuk melakukan siarain langsung lewat YouTube, partner-partner tersebut nantinya hanya butuh webcam saja.

Layanan streaming memang sudah pernah beberapa kali ditayangkan oleh YouTube, di antaranya konser U2 tahun lalu, tapi belum ada platform khusus yang dibuka untuk partner yang ingin melakukan siaran langsung.

Untuk layanan streaming ini, YouTube memang sudah ketinggalan dari berbagai layanan lain seperti Ustream dan Justin.tv yang sudah duluan menawarkan streaming dari siapapun juga ke siapapun juga sebagai layanan utama mereka. Padahal YouTube sudah sejak dulu memasang slogan “Broadcast Yourself,” yang mungkin harus ditambahkan catatan “but not in real time:D

Tentu saja banyak pertimbangan untuk maju ke layanan live streaming. Walau mungkin dari sisi teknologi tidak ada yang meragukan kesiapan Google, tapi dari sisi konten masih banyak resiko yang harus dihadapi YouTube sebagai layanan video terbesar di dunia.

Di antaranya seperti kita ketahui YouTube hingga sekarang tidak memperbolehkan pengunggahan video yang bersifat pornografi, pastinya akan lebih sulit mengontrol ini dalam layanan streaming. Selain itu masih ada pula berbagai masalah hak cipta yang selalu dijaga ketat oleh YouTube.

Well, harusnya bukan Google namanya kalau tidak punya solusi untuk setiap masalah, sih ;)

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×