1. Startup

YouTube Mengisyaratkan Kehadiran Layanan Music Pass Melalui Aplikasi YouTube Versi Android

Niat YouTube dalam merealisasikan layanan kanal musik berbayar sepertinya tak lama lagi akan segera terwujud karena entah disengaja atau tidak, YouTube telah mengisyaratkan akan kehadiran layanan tersebut dalam waktu dekat melalui aplikasi YouTube versi Android. Hal ini menyeruak setelah situs Android Police menemukan “jeroan” tersembunyi dari APK YouTube versi terbaru yang menghadirkan layanan yang disebut dengan Music Pass. Benarkah demikian?

Pada bulan Oktober lalu, kami pernah sedikit membahas rencana YouTube akan layanan kanal musik berbayar ini yang pertama kali diungkapkan oleh situs Billboard. Berselang tepat satu bulan, saya tak menyangka hal itu akan diimplementasikan secepat ini. Sesuai dengan yang kami dapat dari situs The Verge, dalam APK aplikasi YouTube yang telah dibongkar oleh Android Police ditemukan terdapat fitur yang benar-benar baru pertama kali hadir dalam layanan YouTube dan mengungkapkan bahwa layanan Music Pass akan sebentar lagi hadir.

Terdapat fitur-fitur yang diketahui seperti misalnya, “Uninterrupted Playback” yang memungkinkan penggguna untuk dapat menikmati musik tanpa gangguan apapun, lalu ada juga fitur “Offline Mode” yang berfungsi untuk fasilitas musik dan video secara offline alias tidak terkoneksi dengan internet. Dan terakhir yang ditemukan adalah adanya fitur “Background Music”, yang mana dalam fitur ini pengguna dapat menikmati berbagai musik latar pilihan ketika sedang menikmati video.

Segala fitur yang nantinya akan dihadirkan oleh YouTube, tentu membuat layanan ini bisa dianggap sebagai salah satu pesaing yang cukup kuat bagi penyedia layanan music streaming lainnya seperti Spotify, Deezer, Guvera, Pandora, dan lain sebagainya. Image brand kuat yang dimiliki oleh YouTube, juga diprediksi mampu membuat layanan ini akan dapat memiliki potensi yang cukiup tinggi karena YouTube sendiri telah memiliki pondasi dan basis pengguna cukup besar yang datang dari kalangan penikmat musik.

Saya sendiri tak memungkiri hal itu, sejak saya pertama kali “mengenal” YouTube, ketika saya penasaran ingin mencari musik-musik kesukaan di jagat maya, saya tak lupa untuk mengeceknya melalui laman YouTube, walau hal tersebut dirasa kurang pas karena YouTube pada dasarnya merupakan layanan video. Namun ternyata hal tersebut juga dilakukan oleh banyak pengguna dan alhasil kini YouTube juga kebanjiran saluran-saluran yang menyajikan konten video musik, seperti salah satunya yang tenar adalah jaringan saluran milik VEVO.

Entah apa alasan Google secara resmi belum mengumumkan layanan terbaru YouTube ini, namun yang jelas, Google berarti kini telah memiliki dua layanan streaming musik yang sebenarnya bisa hampir bersinggungan yaitu Google Play Music, dan layanan Music Pass dari YouTube ini. Apakah nantinya akan berbenturan ataukah malah justru bersimbiosis?

 

[ilustrasi foto dari: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again