1. Startup

YouTube Luncurkan Pengalaman Baru Dalam Menonton Video

YouTube meluncurkan 'leanback', sebuah fitur yang menawarkan pengalaman baru dalam menonton berbagai videoyang terdapat di layanan mereka.

Dari blog resmi mereka, YouTube mengatakan bahwa 'leanback' menawarkan pengalaman menonton video di YouTube seperti menonton televisi, anda hanya perlu duduk manis tanpa harus menyentuh mouse. Fitur baru ini menawarkan tampilan fullscreen dan navigasi yang sepenuhnya menggunakan tanda panah dan tombol enter di keyboard anda.

YouTube Leanback masih dalam taraf beta, untuk mencobanya anda bisa mampir ke link www.youtube.com/leanback. Ketika pertama kali anda mengunjungi alamat ini, maka YouTube akan secara langsung menampilkan 'feed' atau daftar berbagai video yang disusun berdasarkan pengaturan dan preferensi dari masing-masing pengguna, termasuk konten video yang telah masuk dalam kategori subscription.

Jika anda mengkoneksikan akun YouTube dengan akun Facebook, maka video yang dibagikan teman anda di Facebook juga akan termasuk dalam susunan video yang secara langsung dilakukan oleh YouTube.

Selain pengaturan 'feed' yang otomatis, pengguna juga bisa mencari atau memilih video lain yang ingin mereka tonton, cukup menekan tanda panah maka nantinya akan tampil semacam pilihan menu, dari sini anda bisa mulai mencari video yang anda inginkan.

Misalnya, jika anda menekan tombol panah atas, maka akan muncul search bar untuk melakukan pencarian video, atau jika anda menekan tombol panah bawah akan muncul 'button player', dan jika anda menekan tombol panah bawah satu kali lagi maka akan tampil daftar video, termasuk pembagian kategori kelompok video seperti your feed, auto & vehicles, comedy, education, entertainment, film & animation, dll, untuk memilih video yang anda inginkan cukup tekan enter maka video yang anda pilihan akan tampil di layar utama.

Semuanya dilakukan tanpa harus menggunakan mouse, bahkan tidak bisa, jika anda melakukan klik menggunakan mouse, maka nanti akan muncul notifikasi bahwa navigasi di YouTube Leanback harus menggunakan keyboard.

Tampilan YouTube Leanback yang fullscreen memang nyaman untuk menonton video dan persis seperti pengalaman menonton televisi, namun bagi anda yang tidak terbiasa menonton YouTube tanpa bantuan klik anda harus menyesuaikan diri terlebih dahulu, seperti saya yang masih belum bisa menemukan tombol volume pada tampilan video YouTube Leanback.

Untuk keterangan tambahan, berikut video penjelasan tentang YouTube Leanback, yang saya ambil dari blog YouTube.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again