Berita 

Yahoo! Groups Kini Dengan Tampilan Baru

Yahoo! Groups Kini Dengan Tampilan Baru

Posted by
Wiku Baskoro

October 18, 2010

Yahoo! mengumumkan perubahan pada layanan Yahoo! Groups dan mengijinkan para pemilik group untuk melihat preview dari tampilan baru ini. Perubahan yang dilakukan ini termasuk perubahan tampilan serta perubahan yang berfokus pada pengalaman penggunaan Yahoo! Groups. Beberapa perubahan yang terjadi dilakukan untuk memudahkan para pengguna untuk membagikan konten, berkomunikasi serta berkolaborasi dengan anggota group.

Perubahan yang paling terlihat adalah dari tampilan desain baru Yahoo! Groups, selain ikon-ikon yang berfungsi sebagai shortcut berbagai fitur, ikon dan tampilan baru ini nampak menambah menarik tampilan group. Tampilan baru ini terdiri dari tiga kolom utama, dengan ikon shortcut fitur Yahoo! Groups di bagian kiri, bagian kanan berisi iklan serta daftar anggota group sedangkan pesan yang ada di group tetap ada di bagian tengah, namun dengan proporsi yang lebih kecil (tidak memanjang) serta cuplikan pesan dengan penambahan UI dengan efek kotak dan gradasi warna.

Sedangkan dari fitur yang tersedia, Yahoo! Groups ini menawarkan perubahan seperti layanan untuk memudahkan berkomunikasi, seperti membagikan konten serta foto dengan satu tombol, kemudian semua aktivitas akan tampil dalam satu halaman yang memudahkan melacak pembaruan yang terjadi di group.

Untuk layanan yang berhubungan dengan relasi atau konektivitas dengan anggota, Yahoo! Groups baru ini menawarkan fasilitas tampilan pesan yang muncul seperti percakapan real-time, kemudahan untuk menambahkan komentar atas konten tertentu dengan sekali klik, serta kemudahan untuk melacak percakapan yang terjadi di group.

Beberapa pembaruan lain adalah yang berhubungan dengan foto, pengguna kini bisa melakukan unggahan foto sampai dengan 10MB, fasilitas untuk mengorganisasikan dengan mengkustomisasi album foto, serta fasilitas slideshow untuk menampilkan gambar atau komentar. Fitur chat juga bisa diakses dari ikon dibagian kiri tampilan yang baru ini dengan fasilitas untuk melakukan percakapan dengan anggota group tanpa harus meninggalkan group yang sedang diakses.

Dari pengumuman yang dilakukan Yahoo!, preview dari tampilan baru ini hanya bisa diakses atau digunakan oleh groups asal U.S. dan yang memiliki anggota kurang dari 1000 orang, dan Anda juga harus menjadi pemilik dari group tersebut untuk melakukan perubahan tampilan ini.

Tetapi saya mencoba mengubah salah satu group yang saya punya ternyata bisa. Tampilannya memang cukup segar, tampilan home berisi berbagai update terbaru, sedangkan untuk melihat semua pesan yang masuk ke group bisa dilihat pada ikon kotak surat atau messages, meski perubahan selalu membutuhkan proses adaptasi, beberapa fasilitas yang ada memang mempercepat proses berinteraksi di group, misalnya kita bisa langsung berkomentar atas post tertentu di group, prosesnya mirip yang dilakukan di jejaring sosial. Karena masih baru, seperti yang dijelaskan Yahoo!, akan masih ada perubahan beberapa fitur atau layanan yang belum berjalan mulus.

Untuk menikmati preview dari tampilan baru ini, pengguna/pemilik group cukup masuk ke tautan ini, lalu memilih group mana yang dikelola untuk diubah ke tampilan baru, tautan tersebut juga berfungsi untuk mengubah tampilan Yahoo! Groups kembali ke tampilan lama, jika pemilik group ingin keluar dari preview tampilan Yahoo! Groups yang baru.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×