1. Startup

Yahoo! Akuisisi AdMovate, Kembangkan Layanan Mobile Advertising

Perusahaan internet raksasa pimpinan Marissa Mayer, Yahoo!, baru-baru ini dikabarkan kembali mengakuisisi sebuah startup yang bergerak pada bidang mobile advertising, AdMovate. Akuisisi kesekian kalinya yang dilakukan oleh Yahoo! ini dianggap sebagai upaya Yahoo! meningkatkan layanan iklan yang dianggap “loyo” belakangan ini.

Yahoo! melalui blognya di Tumblr, secara resmi telah mengumumkan pembelian AdMovate yang bergerak pada layanan mobile advertising tersebut. Pihak AdMovate sendiri telah mengkonfirmasi perihal ini dengan menyatakan bahwa mereka bertujuan membantu pengiklan untuk meraih konsumen pada waktu dan tempat yang tepat melalui pesan pribadi yang tentunya di-provide oleh AdMovate.

Dikutip dari berita yang dirilis The Next Web hari ini (18/7), Yahoo! menyatakan teknologi personalisasi yang diusung AdMovate dapat meningkatkan kemampuan Yahoo! dalam beriklan melalui platform mobile. Selain itu, setelah pengakuisisian ini sontak seluruh karyawan AdMovate diboyong menuju kantor Yahoo! yang berlokasi di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Marissa Mayer selaku CEO Yahoo! perihal akuisisi ini sempat menyatakan ketertarikannya untuk kembali memfokuskan Yahoo! dalam layanan mobile yang dianggap sempat tertinggal. Menurutnya, masa depan model bisnis Yahoo! akan berada pada segmen mobile dimana segmen ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, "Masa depan Yahoo berada pada ponsel. Maka kami mendahulukan produk untuk ponsel," ujarnya.

Dalam postingan blog di tumblr, Scott Burke yang merupakan SVP of Display Advertising and Advertising Technology Yahoo! mengatakan Yahoo! kini berupaya untuk lebih memfokuskan pada investasi di segmen mobile, "Yahoo saat ini sedang berinvestasi lebih banyak dalam pembelian program dan periklanan pada ponsel," sebutnya.

Keterangan Scott tadi memang bukan bualan belaka. Yahoo! yang hanya dalam kurun waktu empat bulan dilaporkan telah mengakuisisi 10 startup yaitu Summly, Astrid, Milewise, Loki Studios, Go Poll Go, PlayerScale, Rondee, Ghostbird Software, Tumblr, dan yang terakhir Qwiki, dan memang hampir keseluruhannya merupakan startup yang bergerak pada bidang mobile. Dengan pengakuisisian AdMovate yang merupakan penyedia layanan mobile advertising tersebut, maka belanja “borongan” a la Yahoo! tersebut bisa jadi merupakan upaya Yahoo! dalam menerobos industri mobile yang kian berkembang pesat akhir-akhir ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again