1. Startup

XL Axiata Ungkap Dominasi WhatsApp Di Indonesia

Dalam acara Mobile Marketing Association Forum (MMAF) Indonesia, Chief Social Media Officer XL Axiata (XL) Ongki Kurniawan mengungkapkan bahwa saat ini WhatsApp sudah mendominasi ranah mobile messaging di Indonesia. BlackBerry Messenger (BBM) yang dulu sempat merajai segmen ini malah semakin tenggelam dan berada di belakang aplikasi-aplikasi yang lain.

Seperti dikutip dari Merdeka, data XL menunjukkan bahwa pertumbuhan year-of-year WhatsApp mencapai 37 persen, sementara BBM justru turun 15 persen dibanding tahun lalu.  Secara total, ada 70% dari pengguna XL yang terhubung dengan Internet yang menggunakan WhatsApp di perangkatnya. XL sendiri telah memiliki 31,2 juta pelanggan yang terhubung dengan Internet, atau 50% dari total penggunanya.

Dalam data tersebut juga terungkap bahwa pengguna aplikasi chatting di Indonesia yang semenjak dua tahun lalu dikuasai oleh BBM kini sudah bermigrasi ke aplikasi lain seperti Line dan WeChat yang secara keseluruhan sudah digunakan oleh sekitar 40% pengguna smartphone di Indonesia. BBM sendiri kini digunakan oleh kurang dari 10% pelanggan XL.

Kejayaan WhatsApp di Indonesia memang sudah diprediksikan. Menurut survei OnDevice akhir tahun lalu, tiga aplikasi messaging paling banyak digunakan di Indonesia adalah WhatsApp, BBM, dan Line. Rangkuman Google Trends sepanjang tahun 2013 justru lebih mendekati data XL, dengan menempatkan WhatsApp, WeChat, dan Line sebagai aplikasi paling banyak dicari di Indonesia. Tak hanya di smartphone, WhatsApp juga tersedia untuk sejumlah feature phone, termasuk yang berbasis S40 seperti Nokia Asha yang masih memiliki banyak peminat di Indonesia.

Pergeseran tren aplikasi chatting ini juga berakibat pada penurunan penggunaan voice call. Banyak pengguna memilih untuk mengganti voice call dengan aplikasi chatting dengan alasan lebih efisien dan murah.

"Perangkat mobile menjadi salah satu perangkat paling sering digunakan dan tak terpisahkan bagi seseorang sejak saat bangun hingga sepanjang hari," ujar Ongki.

Fakta lain yang terungkap dan tidak kalah mengejutkankan adalah para pengguna smartphone di Indonesia ternyata menghabiskan waktu hingga 5,5 jam dengan gadget mereka. Angka ini sudah melebihi interaksi warga Indonesia dengan televisi yang selama ini selalu menjadi media primadona.

[Ilustrasi: Shutterstock | Data: Instagram AddictionID]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again