1. Startup

XL Axiata Dan SK Planet Siap Luncurkan Elevenia Indonesia

Sebagai hasil dari joint venture dari PT XL Axiata dan SK Planet asal Korea Selatan, dibentuklah PT XL Planet yang akan menjadi induk operasi untuk situs e-commerce Elevenia. SK Planet merupakan induk perusahaan yang mengoperasikan 11st, salah satu situs e-commerce paling besar di Korea Selatan. Dengan joint venture ini SK Planet dan XL berharap bisa membawa pengalaman dan produk yang sudah teruji 11st masuk ke pasar Indonesia.

Situs Elevenia sendiri saat ini terlihat dalam mode awal untuk mengumpulkan penjual untuk membuka toko di platform mereka. Sedikit banyak mirip dengan konsep startup lokal Tokopedia yang fokus sebagai e-commerce marketplace, atau Rakuten yang sudah masuk terlebih dahulu ke pasar Indonesia. Dari penjelasan yang ada di situsnya terlihat bahwa Elevenia memposisikan diri sebagai penyedia layanan escrow yang menjembatani pembeli dan penjual.

Dari situsnya terlihat jelas bahwa Elevenia memberikan beberapa filter untuk anda yang ingin menjadi seller seperti di Elevenia, setiap member baru diharuskan menyertakan KTP dan juga buku tabungan sebagai langkah verifikasi. Uniknya lagi, Elevenia memiliki beberapa tingkat untuk fee transaksi yang terjadi di dalam situs Elevenia yang dibedakan berdasarkan kategori barang yang dijual oleh seller. Untuk kategori fashion, babies, peralatan rumah tangga dikenakan fee 10%, sedangkan untuk gadget dan elektronik hanya dikenakan fee 5%.

Dibandingkan dengan situs lain yang serupa, Elevenia memang memiliki konsep yang sangat berbeda. Model bisnis Rakuten yang memberikan harga cukup mahal bagi anda yang ingin menjadi penjual di situsnya kurang mendapatkan respon positif dari kebanyakan penjual yang lebih memilih solusi gratis seperti Tokopedia, Tokobagus atau Kaskus. Model bisnis seperti Elevenia secara kasar bisa terlihat lebih menarik bagi penjual yang juga diberikan banyak fasilitas hanya dengan membayar transaction fee yang jauh lebih adil untuk kedua belah pihak.

Dengan model bisnis seperti ini, Elevenia bisa menjadi solusi yang diminati banyak penjual online yang kian banyak di Indonesia. Apalagi dengan bantuan infrastruktur yang telah dimiliki XL Axiata pasti bisa sangat membantu untuk perkembangan Elevenia di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again