• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Wimdu, Cloning AirBnB dari Rocket Internet

Wimdu, Cloning AirBnB dari Rocket Internet

Posted by
Andi Miftachul

April 18, 2012

Wimdu Indonesia, sebuah cloning AirBnB dari jaringan Rocket Internet, tampaknya mulai menyiapkan operasinya di Indonesia. Meskipun tampak masih menggunakan template yang sama dengan Wimdu di negara lainnya, tetapi beberapa properti yang ditampilkan telah menunjukkan tanda bahwa beberapa orang pernah melakukan booking tempat di layanan tersebut.

Wimdu, dengan taglinetravel like a local” menawarkan pengalaman lain untuk Anda yang suka berwisata. Wimdu memudahkan Anda mencari tempat menginap selain hotel di tempat tujuan wisata Anda. Entah itu apartemen, rumah, atau kamar pribadi, Anda akan bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada Anda menginap di hotel, meski untuk harga bisa jadi tergantung pilihan tempat untuk menginap juga. Selain itu, kesempatan berinteraksi dengan pemilik properti membuat Anda bisa mendapatkan tips-tips yang memungkinkan Anda menjelajah tempat wisata Anda secara berbeda.

Selain di Indonesia, menurut GigaOm, Wimdu juga beroperasi di 42 negara lainnya di dunia. Selain produk dari Rocket Internet yang beroperasi secara global semacam Pinspire, Wimdu merupakan produk dari Rocket Internet mencangkup paling banyak negara dibandingkan dengan produk lain.

Saat ini, layanan Wimdu di Indonesia belum bisa dikatakan lengkap. Setahu saya hanya kota-kota di Indonesia yang terkenal di luar negeri semacam Denpasar, Jakarta, dan Yogyakarta yang telah menampilkan hasil pencarian. Lagipula, hasil pencarian antara Wimdu Amerika Serikat dan Wimdu Indonesia masih mendapatkan hasil pencarian yang sama. Selain perbedaan domain .co.id dan .com, sepertinya belum ada perbedaan antara Wimdu Indonesia dengan Wimdu Amerika Serikat.

Hampir setahun yang lalu, DailySocial menulis akan adanya kemungkinan menjamurnya clone AirBnB di Indonesia. Jika nanti layanan Wimdu Indonesia benar-benar di lokalisasi dan dikelola memang untuk wilayah Indonesia, akankah model bisnis seperti ini akan sukses di Indonesia?

Rocket Internet merupakan perusahaan asal Berlin, Jerman yang melakukan cloning model bisnis dari banyak startup dan melakukan lokalisasi untuk model bisnis-model bisnis tersebut. Contoh produknya yang telah masuk ke Indonesia adalah Pinspire, Lazada, Zalora dan FoodPanda.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×