• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Wikipedia: Konten Video dan Desain Baru

Wikipedia: Konten Video dan Desain Baru

Posted by
Wiku Baskoro

March 29, 2010

Sebagai salah satu situs kerja kolaboratif terbesar yang pernah ada, Wikipedia jelas menjadi sebuah ensiklopedi yang berisi artikel dan data yang sangat membantu banyak user internet. Biasanya artikel di Wikipedia berbentuk teks, sedangkan untuk konten video masih sedikit, namun kini artikel yang mengandung konten video sedang dipromosikan untuk ditambah di Wikipedia.

Seperti yang ditulis Mashable, Open Video Alience meluncurkan sebuah program untuk mengajak para kontributor dan pengguna Wikipedia untuk menambah kerja kolaboratif berupa konten video di Wikipedia. Dari blog videoonwikipedia.org disebutkan bahwa sampai kini masih sedikit artikel di Wikipedia yang memiliki video, dan program bernama Let’s Get Video on Wikipedia ini di harapkan bisa merubah itu semua, sehingga nanti para kontributor yang mengirimkan konten video ke Wikipedia bisa bertambah.

Di situsnya juga dicantumkan cara-cara bagaimana untuk posting artikel berupa video termasuk contoh yang sudah di upload. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi situs ini atau situs ini, untuk keterangan lebih lengkap seperti ukuran file yang dibawah 100MB serta beberapa ketentuan lain.

Satu lagi kabar dari Wikipedia, yaitu tentang perubahan desain situs mereka. Dari blog Wikimedia di jelaskan bahwa Wikimedia Foundation akan mulai menjalankan perubahan default setting pada semua proyek mereka mulai 5 April ini. Perubahan pertama-tama akan dilakukan pada situs Wikimedia Commons untuk bahasa Inggris, kemudian bahasa yang lain mengikuti serta semua proyek yang dimiliki Wikimedia Foundation juga akan ikut berubah.

Fitur ini sebenarnya sudah bisa dinikmati oleh user yang login dan meng-klik option Try Beta di bagian atas halaman utama Wikipedia, tapi ini hanya terbatas bagi mereka yang telah mendaftar serta memilih untuk melihat tampilan baru, tapi jika nanti perubahan ini telah rollout untuk publik, tentunya semua user akan bisa merasakan perubahan yang terjadi.

Tampilan Lama

Tampilan Baru

Perubahan utama akan terjadi pada skin default MediaWiki dari semua project Wikimedia Foundation, yang berubah dari Monobook menjadi Vector, serta editing toolbar yang diganti dengan berbagai fitur yang akan mempermudah kerja partisipan. Editing Toolbar ini dilengkapi dengan dialogs untuk inserting link, tables serta berbagai fitur lain.

Seperti yang ditulis GigaOm mengalami penurunan pertumbuhan penambahan artikel, perubahan tampilan Wikipedia ini salah satunya memang ditujukan untuk lebih mempermudah partisipasi para partisipan dengan memfasilitasi secara baik serta mendukung kerja para partisipan ini dengan fitur editing yang lebih mudah digunakan, kerena memang artikel Wikipedia sangat bergantung dari kerja kolaborasi para partisipan. Sehingga jika dukungan partisipan bertambah, maka jumlah artikel pun diharapkan berbanding lurus.

Bagaimana dengan Wikipedia untuk ‘edisi’ Indonesia? Saya mencoba menanyakan kepada mas Ivan Lanin, salah seorang Wikipedian, dan ada beberapa hal menarik yang saya dapatkan tentang Wikipedia Indonesia atas beberapa perkembangan di atas, pertama tentang media video, meski bukan hal baru, media video, menurut mas Ivan belum terlalu banyak manfaatnya dikarenakan beberapa hal seperti konten tulisan di Wikipedia Indonesia belum terlalu banyak, yang kedua produksi video Indonesia masih terbatas, ditambah pula masalah lisensi lalu yang ketiga perihal akses atas konten video itu sendiri.

Pendapat ini bagi saya ada benarnya juga, meski Wikipedia cukup terkenal di tingkat lokal, tapi untuk wilayah kontribusi konten sepertinya memang masih bisa ditingkatkan lagi, jadi untuk konten video rasanya belum bisa maksimal di Indonesia, apalagi masalah jaringan kita yang belum maksimal untuk akses terhadap video. Tapi semoga saja dengan semakin bertambahnya pengguna internet di sini, kesadaran untuk berkontribusi ke Wikipedia yang berarti memberi manfaat bagi orang lain serta kesadaran tentang berinternet di sini akan semakin bertambah.

Untuk perubahan tampilan Wikipedia mas Ivan menyambut positif dan cukup optimis perubahan desain ini akan mengurangi hambatan bagi para calon kontributor. Meski mas Ivan juga mengkritik bahwa perubahan desain yang akan dirilis bulan April ini belum menyediakan penyerdehanaan penggunaan template, yang ternyata masih memusingkan bagi pengguna baru.

Semoga saja berbagai perkembangan dari Wikipedia ini, pada pelaksanaannya nanti juga turut membantu perkembangan kontributor Wikipedia di Indonesia, dan tentu saja juga ikut memajukan behaviour Internet di sini.

Pengumuan lengkap tentang perubahan tampilan Wikipedia bisa dilihat di sini, atau jika anda penasaran dengan tampilan baru, anda bisa mendaftar atau membuat akun di Wikipedia, kemudian pada halaman atas homepage, klik try beta untuk mencoba fitur baru, untuk melihat fitur edit baru bisa klik tab edit.

Terima kasih untuk mas Ivan atas wawancara singkatnya.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×