1. Startup

WhatsApp Hadirkan Versi Terbaru dan Gratiskan Akses Bagi Banyak Pengguna iPhone

Hari ini WhatsApp merilis versi terbaru aplikasinya untuk pengguna iPhone. Update ini membawa berbagai perubahan di antaranya layanan backup percakapan yang terintegrasi dengan iCloud, tersedianya API untuk para developer, dan perubahan sistem berlangganan bagi pengguna iPhone.

WhatsApp mengungkap pembaruan model bisnisnya tersebut dalam laman blog resminya. Dalam blog tersebut disebutkan bahwa layanan WhatsApp untuk iPhone yang sebelumnya berupa aplikasi berbayar senilai USD 0.99 kini menjadi layanan berlangganan dengan biaya yang sama per tahunnya dimulai dari tahun kedua.

Skema ini mengikuti model yang telah diterapkan sebelumnya untuk platform Android, BlackBerry, Nokia, dan Windows Phone. Dengan kata lain, skema penggratisan layanan pada tahun pertama kini diterapkan untuk seluruh platform. Skema ini dijalankan mengingat WhatsApp tidak berniat sama sekali untuk menjalankan iklan seperti yang banyak dilakukan oleh pesaingnya.

Di balik kabar layanan berbayar tersebut, WhatsApp memberikan sebuah kabar baik khusus bagi pengguna iPhone. Atas alasan yang tidak dijelaskan, seluruh pengguna WhatsApp yang menggunakan iPhone akan dapat menikmati layanannya secara gratis selamanya.

Namun jangan salah, yang dimaksudkan di sini adalah khusus bagi pengguna iPhone yang menggunakan nomor telepon yang sama pada perangkat iPhone. Bagi pengguna baru baik di iPhone maupun perangkat lain, yang baru mengaktifkan akun WhatsAppnya terhitung hari ini, akan terkena skema berlangganan.

Bisa dikatakan ini sebuah gratifikasi bagi pengguna iPhone yang telah membayar untuk menggunakan WhatsApp selama ini, walaupun tidak sedikit yang mengunduh WhatsApp untuk iPhone tanpa membayar karena saat itu WhatsApp sedang menggratiskan aplikasinya.

Selain pembaruan tersebut, dalam versi terbaru yang berlabel v.2.10.1 ini, WhatsApp juga menghadirkan layanan fitur opsi backup conversation yang terintegrasi langsung oleh layanan penyimpanan data iCloud. Dalam fitur ini, pengguna dapat mem-backup seluruh percakapan yang ada dan dapat dikembalikan ketika pengguna meng-install ulang aplikasi WhatsApp dengan proses inisialisasi dari layanan iCloud.

Terakhir, WhatsApp juga secara resmi memberikan layanan API yang terbuka bagi seluruh iOS developers untuk mengembangkan fitur interaksi dengan WhatsApp menjadi lebih mudah. Hal ini dilakukan WhatsApp setelah menerima banyak permintaan dari developer-developer tersebut terkait layanan API tersebut.

Dengan diluncurkannya update terbaru dari WhatsApp ini, persaingan antara penyedia layanan mobile messaging dipastikan akan semakin ketat di setiap platform yang ada. Dengan hadirnya banyak pesaing dengan layanan yang serupa seperti Line, Kakao Talk, WeChat, dan lain sebagainya, versi terbaru WhatsApp ini diharapkan mampu memberikan “perlawanan” bagi aplikasi pesaing lainnya yang telah menghadirkan fitur telepon gratis dan fitur lainnya yang tak ditemukan pada WhatsApp.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again