1. Startup

Webwaw Bantu Pembuatan Situs Tanpa Pengetahuan Pemrograman

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini memiliki sebuah situs, baik untuk kepentingan pribadi maupun urusan bisnis, telah menjadi sebuah kebutuhan. Jasa pembuatan situs pun kian hari kian bertambah banyak. Bagi yang tak ingin repot dan tak memiliki keahlian pemrograman dalam pembuatan situs, Webwaw menyediakan jasa pembuatan secara mudah dan gratis.

Untuk menggunakan Webwaw, pengguna diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Dengan tampilan UI yang bersih, Webwaw berusaha sebisa mungkin menghadirkan kemudahan dalam pembuatan situs. Masuk ke menu Site Manager pengguna akan dipandu melalui beberapa langkah dalam membuat situs menggunakan Webwaw. Langkah pertama tentu saja menentukan nama situs yang akan dibuat. Beberapa kategori atau tema pun telah disiapkan oleh Webwaw dimana akan menentukan template tampilan. Langkah selanjutnya adalah kustomisasi tampilan dari tema yang telah dipilih, mulai dari judul, logo, latar belakang situs hingga deskripsi situs yang akan dibuat.

Menu Editor disediakan oleh Webwaw untuk mengatur tampilan serta isi dari website yang dibuat secara live. Pengguna tak perlu takut jika tak memiliki kemampuan pemrograman karena Webwaw sendiri telah menyediakan widget yang dapat ditempatkan dengan drag-n-drop. Bagi yang mengerti bahasa pemrograman HTML, mengatur widget yang ada pun akan lebih mudah. Widget yang disediakan pun cukup lengkap mulai dari Form, Google AdSense, Slider, hingga Social Share bagi yang ingin menampilkan tautan ke situs jejaring sosial lainnya yang dimiliki.

Webwaw sendiri belum memiliki fitur untuk mempublikasikan hasil pengerjaan ke domain lain. Semua situs yang dibuat akan memiliki Webwaw sebagai domain utama. Jika dilihat di menu Bantuan, Webwaw menyediakan fitur untuk mengunggah berkas-berkas yang telah dibuat ke domain yang lain atau yang telah dimiliki sebelumnya dengan melakukan pembayaran terlebih dahulu, meski kenyataannya fitur ini tidak saya temui.

Webwaw memang menawarkan kemudahan dalam membuat situs dengan live preview di editornya, tapi bukanlah tanpa kekurangan. Cukup sulit rasanya mengatur widget dengan menggunakan Design View yang telah disediakan. Selain itu, template tema yang tersedia masih terbatas, hanya ada sekitar 30 tema yang bisa dipilih.

Masih banyak pekerjaan rumah Webwaw untuk menghadirkan pengalaman penggunaan yang benar-benar mudah dalam membuat situs yang sejalan dengan tagline "Bikin Website Mudah Cepat", tapi setidaknya ada solusi mudah bagi mereka yang membutuhkan pembuatan situs dengan cepat tanpa perlu pusing belajar bahasa pemrograman terlebih dahulu.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again