• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Opini 

Untuk Koprol: Mohon Terima Usulan Lokasi Saya (Updated)

Untuk Koprol: Mohon Terima Usulan Lokasi Saya (Updated)

Posted by
Wiku Baskoro

April 15, 2011

Bagi saya Koprol bukan hanya tentang update status dan menambah teman atau berjejaring, Koprol adalah tentang lokasi (place), baik itu lokasi yang bersifat umum maupun lokasi yang bersifat bisnis.

Dari fasilitas lokasi, salah satu yang mungkin tidak dimiliki layanan lain adalah kurator, yang merupakan salah satu kelebihan yang memungkinkan lokasi yang diusulkan di Koprol melewati kurasi terlebih dahulu oleh para kurator Koprol.

Pembaca DailySocial mungkin masih ingat dengan tulisan saya terdahulu yang menyoroti persoalan kurator ini. Usulan lokasi saya ternyata di tolak beberapa kali dan ini membuat saya frustasi, setelah tulisan saya itu, ada beberapa percakapan antar kurator yang saya baca, namun tidak memberikan penjelasan atau penyelesaian yang berhubungan proses kurasi atau alasan detail apa yang menyebabkan usulan lokasi saya tidak disetujui. Dan jika saya mengajukan pertanyaan yang sama kembali, apakah fasilitas kurator Koprol bisa membuat frustasi? Jawabannya iya sampai sekarang.

Beberapa hari yang lalu, Koprol merilis beberapa perkembangan terbaru dari layanan mereka, cukup banyak yang mereka lakukan dalam satu kali rilis fitur, dari beberapa fitur baru, salah satunya adalah yang berhubungan dengan Kurator. Pembaruan yang dilakukan adalah berhubungan dengan fasilitas bagi kurator, Koprol menyediakan tampilan baru bagi kurator yang memberikan kemudahan dalam menjalankan perannya untuk melakukan kurasi lokasi. Selain itu untuk lokasi yang ditolak, Koprol memberikan fasilitas tambahan bagi pengguna yang mengajukan lokasi untuk melakukan pengajuan kedua atas lokasi yang ditolak.

Untuk menguji apakah Koprol telah memperbaiki proses kurasi lokasi mereka, maka saya mengajukan lokasi yang sama dengan yang saya lakukan terdahulu, mengajukan usulan lokasi HackerspaceBDG, dengan asumsi bahwa saya adalah bagian dari lokasi tersebut sehingga saya bisa melakukan klaim bahwa lokasi itu memang ada.

Sebisa mungkin saya mengisi keterangan lokasi selengkapnya, ditambah dengan foto agar lebih meyakinkan bagi kurator, seperti biasa ada beberapa kolom yang tidak saya isi, karena memang tidak ada data yang bisa saya tuliskan, seperti nomor telepon dan alamat email, kolom lain, saya isi.

Ternyata usulan saya ditolak kembali, pemberitahuan pertama dikirimkan lewat email, oleh karena ada fasilitas resubmit, maka saya kemudian percaya pada kesempatan kedua, setelah melakukan cek atas keterangan yang mungkin kurang lengkap (saya tetap tidak melengkapi kolom yang memang tidak ada data yang bisa diisi), lalu saya klik pilihan untuk resubmit. Selang beberapa hari, ternyata lokasi saya ditolak kembali.

Lagi-lagi, dari email yang saya terima, tetap saja tidak memberikan keterangan spesifik atas alasan kenapa lokasi tersebut ditolak, hanya memuat keterangan bahwa kurator masih menolak usulan lokasi, memberikan saran untuk menambah info tambahan agar lokasi yang saya ajukan adalah nyata dan bukan lokasi duplikat yang telah ada di Koprol.

Jika yang dimaksud adalah lokasi yang diusulkan ada atau tidak, kenyataannya lokasi yang saya usulkan memang nyata ada, bahkan DailySocial beberapa kali menuliskan tentang lokasi ini, saya sendiri menambahkan foto agar menjelaskan bahwa lokasi itu memang benar ada, lalu tidak lupa melakukan pengecekan apakah lokasi serupa telah ada, dan menurut kolom pencarian Koprol lokasi itu belum terdapat di database mereka. Hackerspacebdg hanya memiliki akun bisnis tetapi tidak untuk lokasi.

Jika memang data yang saya isi kurang lengkap, bukankah sebaiknya ada penjelasan detail tentang data apa yang perlu saya tambahkan? Misalnya fotonya kurang bagus, tolong isi nomor telepon atau alamat email, mohon perbaiki lokasi detail pada peta atau mungkin ubah nama agar lebih Indonesia dan meyakinkan atau menyediakan saran berupa detail informasi agar saya sebagai pengaju lokasi bisa memperbaiki kesalahan tetap seperti yang diminta oleh Koprol agar disetujui oleh Kurator.

Ketika muncul pembaruan serta fitur baru dari Koprol beberapa waktu yang lalu dan mencantumkan failitas tambahan untuk kurator, terus terang saya sedikit gembira, karena harapan untuk proses kurasi yang lebih menyenangkan mungkin saja bisa tercapai, dikatakan Koprol bahwa fasilitas yang ada bisa membuat kurator lebih mudah dalam bekerja, yang berarti proses penambahan lokasi juga bisa bertambah. Pertumbuhan pengguna tentunya harus berbarengan dengan pertumbuhan lokasi, karena Koprol bukan hanya tentang orang tetapi juga tentang lokasi.

Sejak kemunculannya, kurator memang membawa perdebatan, antara ‘membatasi’ penambahan lokasi dengan sistem kurasi atau membiarkan pertumbuhan lokasi tanpa proses seleksi terlebih dahulu. Pilihan yang diambil Koprol adalah menyediakan lokasi yang lebih ‘rapih’, tidak ada yang terduplikasi dan lokasi memang benar nyata. Sistem kurasi memang memberi beberapa kelebihan, namun dalam pelaksanaannya memang perlu strategi tersendiri agar prosesnya bisa berjalan maksimal.

Jadi, di akhir tulisan kali ini, saya hanya berharap agar usulan lokasi saya diterima, bukan hanya agar saya bisa melakukan check-in di lokasi tersebut, namun dikarenakan saya menjadi salah satu bagian dari lokasi yang saya usulkan, ada beberapa fitur yang ingin saya coba. Nah Koprol, mohon terima usulan lokasi saya.

[Sumber Gambar]

Disclosure: DailySocial cabang Bandung berkantor di HackerspaceBDG.

Update: Lokasi HackerspaceBDG telah resmi dibuat.

Dari percakapan di akun Koprol Aulia, pihak Koprol menambahkan secara manual lokasi HackerspaceBDG, ada beberapa alasan yang saya tangkap dari thread percakapan itu, salah satunya adalah kemungkinan para kurator yang tidak bisa mengenali nama seperti Hackerspace atau nama unik / tidak umum lain, jadi kemungkinan besar para kurator menolak usulan lokasi dengan nama yang ‘tidak biasa’, jadi Koprol menambahkan secara manual lokasi HackerspaceBDG. Satya juga menjelaskan bahwa untuk lokasi dengan nama ‘tidak biasa’ akan ditambahkan secara manual.

Satu hal yang saya mau tekankan dari tulisan ini tentunya bukan hanya permasalahan apakah HackerspaceBDG butuh pengakuan di Koprol dengan terdaftar di data lokasi mereka, ini adalah tentang mekanisme kurator dan lokasi yang menjadi salah satu keunggulan yang ingin ditawarkan Koprol, yang bagi saya masih harus terus diperbaiki, kebetulan saja contoh lokasi yang digunakan adalah HackerspaceBDG, mungkin masalah yang saya alami ini juga dihadapi oleh pengguna lain.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×