1. Startup

UDoctor Sediakan Klinik Virtual Bagi Dokter dan Pasien

Layanan konsultasi dengan dokter secara online bukanlah hal baru. Layanan semacam ini sudah dimulai sejak tahun 2006 dengan adanya TanyaDok, yang disusul TipsDokter yang dikembangkan oleh Polinator Inc. UDoctor menyasar segmen serupa dengan menyediakan layanan informasi kesehatan serta konsultasi online dengan dokter yang telah terdaftar.

Layanan UDoctor memungkinkan dokter memiliki klinik virtualnya sendiri. Keuntungan yang didapat oleh pasien tentu saja berupa layanan kesehatan dengan telekonsultasi menggunakan video call, voice call atau lewat jendela chatting dengan dokter yang terdaftar. Jumlah dokter yang terdaftar di UDoctor pun terbilang cukup banyak, meski baru memiliki beberapa dokter spesialis.

UDoctor juga memiliki dokter jaga, tetapi tampaknya pengguna harus menunggu para dokter ini online terlebih dahulu untuk dapat berkonsultasi. Tak adanya informasi jadwal praktek yang mudah untuk ditemukan membuat UDoctor menjadi kurang praktis untuk digunakan. Memang layanan konsultasi online bukanlah klinik atau rumah sakit, tapi setidaknya akan menyenangkan jika kita mengetahui waktu ketersediaan dokter-dokter yang terdaftar untuk memudahkan konsumen meluangkan waktunya.

UDoctor juga menyediakan portal informasi yang memuat artikel kesehatan terbaru dan layanan pembelian obat secara online. Pengguna bisa pula mengecek gejala penyakit lewat panduan yang telah disediakan sebelum berkonsultasi langsung dengan dokter yang dibutuhkannya.

Para pengguna yang telah mendaftar di UDoctor bisa mempunyai riwayat medis di akunnya. Ketersediaan riwayat medis akan sangat memudahkan bagi tenaga kesehatan untuk mengecek sejarah kesehatan seorang pasien. Di sisi lain, ketersediaan data pribadi seperti riwayat medis berarti UDoctor harus memiliki sistem keamanan yang baik mengingat riwayat medis seseorang adalah hal yang sensitif serta rahasia. Fitur keamanan HTTPS atau SSL hingga sekarang belum diterapkan oleh UDoctor bagi pengguna yang sedang mengakses akunnya.

Jika dibandingkan dengan layanan serupa, UDoctor harus berbenah secara lebih serius agar dapat bersaing di segmen ini. Peningkatan kemudahan pencarian informasi dan informasi jam layanan praktek dari dokter yang terdaftar sebaiknya jadi fokus utama. Keberadaan halaman yang tidak dapat ditemukan dan tautan yang tidak bisa dibuka dapat mengurangi kenyamanan pengalaman penggunaan UDoctor.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again