Berita 

Twitter Luncurkan Homepage Baru

Twitter Luncurkan Homepage Baru

Posted by
Wiku Baskoro

March 31, 2010

Twitter mengubah tampilan homepage mereka. Halaman yang baru ini dihiasi beberapa elemen baru. Bagian atas kiri terdiri dari logo Twitter dan kolom search yang bentuknya jauh lebih kecil dari desain pada homepage lama yang bila anda mengarahkan kursor diatasnya maka kolom ini berubah warna dari biru tipis menjadi putih.

Di bagian kanan terdapat pilihan untuk sign in, yang mirip dengan tampilan lama, kemudian di dekatnya ada kolom yang berisi penjelasan singkat tentang kelebihan Twitter serta sebuah link tab yang mengarahkan user yang belum punya akun untuk sign up, termasuk juga link bagi kalangan bisnis tentang Twiter 101.

Yang paling menarik sebetulnya di bagian tengah, terdapat setidaknya ada dua elemen baru serta satu elemen lama yang di desain ulang. Elemen baru pertama yaitu ‘see who’s here’ yang berisi beberapa akun terkenal mulai dari selebriti, lembaga atau organisasi, majalah, atau akun bisnis yang bisa di follow, ada sekitar 20 akun. Jika anda mengarahkan kursor anda ke atas profile picture akun tersebut, akan muncul pop up kecil berisi alamat akun Twitter, lokasi, kategori akun serta tweet paling baru.

Fitur baru lain yaitu ‘top tweets’ yang berisi beberapa tweet paling populer yang dimunculkan oleh Twitter. Jika anda meng-klik pilihan view all, maka anda akan diarahkan ke akun khusus toptweets, yang merupakan kumpulan tweet yang dipilih berdasarkan alogaritma tertentu yang meng-capture tweet paling menarik di twiterverse.

Fitur yang sudah ada di halaman lama namun diperbaharui yaitu trending topics. Kini trending topics ditampilkan mirip dengan running teks yang sering kita lihat di televisi, kalau anda arahkan kursor anda pada salah satu topik, maka teks berhenti dan akan muncul pop up kecil yang menjelaskan tentang kata yang menjadi trending topics tersebut.

Perubahan ini sepertinya memang menjelaskan langkah-langkah pembaruan yang direncanakan Twitter, termasuk juga pengalaman yang baru yang ingin diciptakan bagi user mereka, terutama yang baru pertama kali menggunakam Twitter, karena beberapa fitur baru ini, seperti trending topics dan top tweets bisa diakses tanpa harus sign in, jadi anda bisa berjalan-jalan dulu untuk melihat-lihat fitur apa saja yang ada di Twitter sebelum join.

Saya jadi ingat artikel DailySocial, yang meng-capture tweet salah satu teknisi Twitter tentang fitur baru yang akan membuat user meninggalkan Twitter client. Sepertinya ini adalah salah satu dari fitur itu.

Penasaran? Log out dulu jika anda sudah berada ‘di dalam’ Twitter, untuk melihat perubahan ini, atau jika anda belum sign in, cek Twitter.com untuk menikmati perubahan ini, dan tentu saja jangan lupa untuk menuliskan pendapat pembaca DailySocial pada kolom komentar.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×