• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Twitter di Indonesia Lewat Axis

Twitter di Indonesia Lewat Axis

Posted by
Wiku Baskoro

November 10, 2009

axisSetelah beberapa kota di Asia yang menikmati layanan Twitter via sms, kini para Twitter people Indonesia bisa menikmati layanan ini.

Tanggal 9 November 2009, lewat blog resminya, Twitter mengumumkan berita ini ke seluruh dunia, beberapa media global dan internet langsung merilis berita penting ini. Kenapa berita ini bisa dibilang penting?

Dengan rumor yang beredar para giant internet akan masuk ke Indonesia, berita ini menjelaskan satu hal penting, bahwa pasar internet Indonesia tumbuh pesat dan menjadi tujuan ekspansi perusahaan web 2.0 global. Tidak terkecuali Twitter.

Lewat kerjasama dengan Axis, salah satu provider termuda tanah air, para penikmat Twitter bisa mendapatkan alert Tweets dan bertweet ria lewat SMS. Di blog resminya, Twitter mengarahkan pola kerjasama ini pada kemungkinan pesan-pesan promosi yang mungkin dilakukan oleh pengguna Twitter secara real time, dengan mengirimkan pesan promo lewat SMS.

Kerjasama ini juga memungkinkan mereka yang tidak mempunyai aplikasi internet di handphone mereka untuk tetap bisa mengakses Twitter, meskipun handphone beraplikasi java dan bisa berinternet sudah seperti kacang goreng dan harganya pun terjangkau.

Tapi, di situs resminya, promo kerjasama Axis dan Twitter ini seperti tidak terlihat disambut secara antusias, bahkan saya mencoba search Twitter, ternyata tidak ada hasil pencarian untuk kata ini.

Kalau menurut  saya, yang terpenting sebenarnya bukan hanya menerima pesan Twitter lewat SMS, tapi kemungkinan peluang yang  bisa tercipta dengan kerjasama ini, bukan hanya bagi para giant, tapi juga bagi para start up, karena kedatangan Twitter ini bisa membantu mengedukasi pangsa pasar lokal tentang peran internet yang lebih luas, bukan hanya untuk social networking.

Jika para giant saja mulai mengembangkan aplikasi di tanah air, maka apa yang dilakukan para start up lokal sudah berada pada jalur yang benar, pangsa pasar internet kita baru sekitar 10% dari total penduduk Indonesia, masih sangat luas dan akan terus tumbuh dan berkembang.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×