• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Opini 

TuiTwit: Light Twitter Mobile Web Client Buatan Lokal

TuiTwit: Light Twitter Mobile Web Client Buatan Lokal

Posted by
Wiku Baskoro

January 26, 2010

tuitwitSehari-hari jika saya membutuhkan membuka Twiter di mobile device, saya akan menggunakan Tweete, karena kebetulan aplikasi internet di handphone (HP) saya berbasis Java, dan salah satu aplikasi mobile Twitter yang paling nyaman adalah Tweete. Saya tertarik dengan aplikasi ini bukan hanya kerena light untuk digunakan tetapi fiturnya yang lengkap, hampir semua fasilitas Twitter seperti @, RT, DM, ada di sana bahkan sebelum aplikasi RT tersedia di web Twitter, fitur ini sudah tersedia di Tweete.

Tapi kemudian saya mendapatkan link aplikasi mobile Twitter versi lokal yang bernama TuiTwit. Penasaran saya langsung mencobanya untuk mengecek kelengkapan fiturnya. Dan, saya cukup terkesan dengan performa aplikasi ini, selain ringan, fitur yang tersedia cukup lengkap, untuk fasilitas standar Twitter, mulai dari @, DM, RT, Fav sudah ada secara default.

Disitusnya, TuiTwit menjelaskan bahwa situs ini page size-nya hanya membutuhkan kurang dari 9 kilobytes, yang tentu saja menjadi kelebihan penting, terutama untuk aplikasi mobile. Bahkan menurut situs WapReview yang membandingkan beberapa aplikasi sejenis, TuiTwit memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi sejenis lain, misalnya fiturnya yang lengkap dan tanpa iklan.

Untuk menggunakan TuiTwit tersedia aplikasi login atau anda bisa juga sign in dengan akun Twitter anda, untuk anda yang baru pertama kali menggunakan tuiTwit, seperti yang ditulis di situs resminya, anda disarankan untuk login menggunakan Twitter oAuth.

Setelah login anda akan di arahkan pada time line Twitter, pertama kali menggunakan saya teringat kembali pada aplikasi Tweete, yang kebetulan cukup lama saya gunakan, tapi setelah mencoba beberapa saat, saya langsung suka akan aplikasi TuiTwit ini, bukan hanya karena ini buatan anak lokal, tetapi fitur yang di berikan juga cukup lengkap.

Berikut beberapa fitur, selain fitur standar pada Twitter yang bisa dinikmati oleh user:

Reply untuk beberapa account, aplikasi ini ditampilkan dengan @A, berfungsi untuk me-mention beberapa user sekaligus, jadi misalnya di satu tweet itu terdapat dua user, anda bisa langsung mention kedua user itu tanpa harus mengetikkan secara manual, cukup mengklik ikon @A otomatis dua nama user itu akan di mention oleh anda.

Update location dan map, fitur ini memungkinkan anda langsung memberitahukan lokasi di mana anda men-tweet pada relasi anda, caranya tambahkan “loc(lokasi anda)” pada akhir tweet, maka update lokasi secara otomatis akan di post. Tapi anda harus menambahkan quotes pada awal update status dan sesudahnya, selain itu user juga bisa membagikan link peta, hanya dengan mengetikkan (dengan tanpa petik) “map(lokasi anda)” maka secara otomatis TuiTwit akan mengkonversikan pada link peta sesuai yang anda tulis.

Emoticon ala Kaskus, anda kaskuser? Pasti tau donk emoticon khas Kaskur seperti :maho, dll, nah, TuiTwit, sebagai aplikasi lokal juga mengintegrasikan emoticon ini untuk aplikasi mereka, kini anda bisa men-tweet dengan bahasa serta ikon khas Kaskus, selain itu juga terdapat banyak emoticon standar lain yang bisa anda cek dan anda pilih untuk digunakan.

Support long Tweet dan Up Load foto secara langsung, TuiTwit juga memberikan kemudahan bagi user yang sering kali tidak bisa menyingkat tweet mereka dalam 140 karakter, perpanjangan tweet ini nantinya akan disimpan di database TiuTwit dan relasi anda yang tidak menggunakan TuiTwit juga bisa melihat long tweet anda. Fitur up load foto juga telah tersedia secara default, anda bisa menmukannya di bagian atas dan bawah aplikasi TuiTwit.

Muted, bagi anda yang tidak tega untuk unfollow teman anda tapi tidak mau mengikuti timeline-nya, fitur ini cocok untuk anda, Muted memngkinkan anda untuk menghilangkan tweet user yang tidak ingin anda lihat di timeline Twitter anda tanpa harus unfollow mereka, cukup kunjungi profile user yang ingin anda Muted, klik tab Muted di bagian bawah aplikasi TuiTwit, maka kini anda tidak akan melihat tweet mereka di timeline anda.

Untuk Twitter client versi mobile, saya pikir aplikasi ini cukup lengkap, malau kalau boleh saya bilang sangat lengkap, setidaknya jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi sejenis. Apalagi aplikasi ini bisa digunakan di HP berbasis Java yang kini marak di promosikan bersamaan dengan HP q-werty.

Twitter trend yang digabungkan dengan trend HP middle user memang sangat boom, ini kesempatan baik bagi startup lokal seperti TuiTwit  untuk unjuk kebolehan, seperti yang sering saya bilang, kemampuan dan ide aplikasi lokal sangat layak untuk diperhitungkan, dan TuiTwit hanya satu diantara banyak aplikasi lokal yang memang bermanfaat.

Aplikasi ini memang tidak 100% baru, setiaknya sudah hadir dari akhir tahun kemarin (CMIIW), saya mencoba mengecek dengan aplikasi Twiterus dan melihat bagaimana komentar para pengguna Twitter lokal dengan aplikasi ini, beberapa membandingkan dengan Tweete, dan user lain membandingkannya dengan Dabr, tapi para user itu rata-rata memilih TuiTwit dan menyukainya.

Sebuah tanda bagus, dan semoga saja ini menambah bukti bahwa aplikasi lokal akan semakin menjadi trend di negeri sendiri. Untuk informasi lengkap dan link aplikasi TuiTwit, bisa anda cek di m.tuitwit.com.

Anda sudah mencoba aplikasi ini? Jika iya, mari share pendapat anda tentang aplikasi ini, jika belum mencoba, anda bisa share pendapat anda tentang artikel ini, kolom komentar selalu menanti pendapat anda.

ps: terimakasih untuk mas Zulkarnain atas info link TuiTwit.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×