1. Startup

Traffic Isikota Meningkat 300% di Platform Android Sepanjang Ramadhan 2014

Aplikasi direktori yang berbasis lokasi buatan anak bangsa IsiKota mengalami pelonjakan traffic selama Ramadhan tahun ini. Ketika dihubungi oleh tim DailySocial, co-founder IsiKota Daniel Gozali berujar dengan antusias tentang pelonjakan traffic sebanyak 300% pada platform Android mereka, disusul oleh platform web dan iOS masing-masing sebanyak 200% dan 50%.

“Sepanjang Ramadhan tahun ini, rata-rata traffic IsiKota telah meningkat dua kali lipat. Platform Android menjadi penyumbang terbesar di antara ketiga platform,” ucap Daniel.

Keakuratan data yang diberikan IsiKota terangkum dalam kategori-kategori yang paling sering dicari oleh pengguna seperti restoran, kafe, hotel, ATM, pom bensin, dan tempat ibadah. IsiKota menjadi aplikasi andalan masyarakat untuk mencari tempat-tempat berbuka ketika bulan puasa dan menemani kala mudik.

Sebelumnya aplikasi pemenang Samsung Developer Competition 2013 ini telah merilis fitur bisnis yang mengizinkan para retailer atau merchant yang tengah melakukan promosi untuk memperoleh publikasi yang luas dengan cara membagikan katalog dari satu pengguna ke pengguna lainnya. Metode tersebut turut membantu memperbesar traffic yang dihasilkan oleh IsiKota.

Melihat kesempatan ini, Daniel mengungkapkan pihaknya akan segera menggarap ide supaya IsiKota mampu menerapkan sistem "Shopping List". Pengguna nantinya dapat mengurutkan direktori-direktori yang mereka butuhkan atau ingin dikunjungi. Untuk memikat antusiasme pengguna dan pengguna-pengguna baru, IsiKota bekerja sama dengan para retailer untuk menghadirkan promo potongan harga dan keistimewaan lainnya, persis seperti yang dimiliki para pemegang kartu kredit. Selain memanjakan para penggunanya, gagasan ini akan menambah traffic, tidak hanya untuk IsiKota, tetapi juga untuk retailer atau merchant yang terkait.

Tak heran jika IsiKota terus berupaya mengembangkan layanannya demi pelanggan mereka. Unduhan IsiKota menurut Google Play Store sendiri sudah mencapai angka ratusan ribu. Sisanya datang dari Samsung Galaxy Store yang diorbitkan oleh Samsung sejak tahun lalu.

“Mengikuti acara yang serupa sangat bagus untuk exposure bagi para developer, terlebih lagi acara ini kembali disponsori oleh Samsung sebagai Android market leader di Indonesia,” papar Daniel  tentang Indonesia Next App.

Indonesia Next App sendiri akan segera dihelat atas inisiasi Samsung dan Telkomsel. Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi developer tanah air untuk memenangkan hadiah dan membawa produk mereka semakin dikenal seantero Nusantara dan mewakili Indonesia di kancah Asia. Pemenang ajang ini akan diikutsertakan dalam promo Back To School oleh Samsung, yang akan diimplementasikan di sembilan negara. Tak hanya itu, aplikasi tersebut akan disponsori penuh di lima negara tempat SingTel beroperasi dan dipromosikan di sembilan negara lainnya oleh Samsung.

[Ilustrasi foto: Dok. DailySocial]

 

Artikel ini merupakan bagian rangkaian ajang Indonesia Next App. DailySocial bekerja sama dengan Samsung dan Telkomsel mengajak Anda berpartisipasi di Indonesia Next App, sebuah kompetisi pencarian aplikasi Android terbaik di Indonesia untuk bersaing di kancah Asia.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again