1. Startup

Aplikasi Android Tokopedia Berikan Pembaruan Fitur dan Tampilan

Membahas sebuah marketplace online yang sedang naik daun memang tidak lengkap jika belum mengulas aplikasi mobile yang ditawarkan sebagai salah satu layanannya. Meskipun telah resmi diperkenalkan beberapa waktu yang lalu, aplikasi mobile berbasis Android Tokopedia Desember ini dilengkapi dengan sejumlah fitur terbaru dan pembaruan tampilan.

Setelah pemberitaan Tokopedia yang menerima investasi terbesar dalam sejarah industri startup di Indonesia, kini pihaknya mengembangkan model bisnis dengan lebih luas yang menyertakan banyak peluang usaha yang tercipta. Skema tersebut secara tidak langsung mampu menarik sumber daya terbaik sehingga memperkaya fungsionalitas dari aplikasi Android mereka yang telah diunduh ratusan ribu kali tersebut.

Pada dasarnya, aplikasi Tokopedia Online Shopping Mall masih memiliki struktur navigasi yang tidak jauh berbeda dari pertama kali mereka meluncurkannya. Tokopedia menampilkan jajaran produk terlaris yang tersedia, serta 22 kategori yang menjadi target belanja lengkap para penggunanya. Pembaruan aplikasi membawa beberapa sentuhan tambahan membuat transisi pergantian halaman menjadikan interface terlihat lebih halus.

Dalam halaman Hot List (sebelumnya Top List), Tokopedia mengkurasi jenis penjualan paling sering dicari dari berbagai harga unik yang ditawarkan setiap merchant. Untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik konsumen dipersilakan menuju ke halaman kategori dan subkategori yang ditawarkan. Pengguna juga dapat menyortir berdasarkan harga, toko, lokasi, relevansi, dan sebagainya, sesuai kebutuhan belanja yang diinginkan. Kedua fitur tersebut dapat diakses pengguna tanpa harus menjadi pengguna terdaftar.

Untuk mengakses segala fitur lebih lengkap, Tokopedia menyediakan form registrasi yang bisa diakses di tab kiri dengan mengintegrasikan akun Facebook atau Google pengguna. Nantinya setelah menjadi pengguna terdaftar, beberapa akses terbuka untuk membuka toko, membuka layanan pesan, melihat notifikasi disukusi, keranjang belanja, status order, dan pilihan pengaturan lainnya.

Di halaman utama, tidak lagi terlihat Hot List maupun Kategori saja, Tokopedia memudahkan akses pengguna untuk ke depannya dengan menambahkan beberapa navigasi ke daftar belanjaan yang terakhir dilihat, toko favorit, dan produk rekomendasi.

Dengan peningkatan user-interface ini, versi terbaru dari aplikasi Tokopedia memberikan solusi cache yang telah menjadi isu di versi-versi pendahulunya. Juga penambahan fitur edit shipping, dan konfirmasi penjualan, serta menu input voucher untuk berbelanja. Meskipun begitu, beberapa kekurangan justru tetap ada, bahkan cenderung makin mengganggu, yakni rendahnya kecepatan memuat gambar dan pencarian yang relatif lambat.

Jika tertarik untuk mencobanya, silakan unduh aplikasi Android Tokopedia Online Shopping Mall yang telah tersedia di MoboMarket.

-

Dapatkan pengalaman baru membaca konten DailySocial dan berselancar di internet mobile menggunakan Baidu Browser. http://goo.gl/WKlc5i

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again