1. Startup

Rahasia Kesuksesan Momento Meraih 1,5 Juta Pengguna Dalam Setahun

Beberapa hari yang lalu saya mengangkat soal prospek pengembangan aplikasi di platform Windows Phone di mata pengembang. Meskipun secara umum memang pandangannya tidak sepenuhnya optimis, bukan berarti tidak ada peluang yang bisa diperoleh dari platform ini secara global. Momento merupakan salah satu contoh aplikasi yang berhasil meraih 1,5 juta unduhan dalam satu tahun kehadirannya.

M. Hadi Alathas dari Madina Technologies, yang mengembangkan Momento, mencoba mengungkapkan rahasia keberhasilannya. Menurutnya ada empat poin penting yang patut menjadi perhatian bagi banyak pengembang, tak hanya untuk Windows Phone tapi juga di platform lainnya.

1. Pastikan aplikasi berkualitas dan mempunyai daya saing global

Poin ini tentu saja tidak memerlukan penjelasan panjang lebar. Aplikasi yang berkualitas pasti dicari dan diapresiasi oleh konsumen. Bagian "mempunyai daya saing global" ini artinya kita harus memastikan bahwa aplikasi dan fitur-fitur yang kita kembangkan tidak hanya bisa diterima di Indonesia saja, tetapi juga di negara lain.

2. Berikan update secara rutin dan jangan dalam jangka yg waktu lama, kira-kira per 1-2 minggu sekali

Konsumen senang jika aplikasi diperbarui secara rutin. Ini artinya pengembang memang mengalokasikan sumberdaya dan berkomitmen untuk melanjutkan pengembangan apliaksinya. Pastikan aplikasi selalu bekerja untuk setiap versi platform yang didukungnya, terutama jika ada pembaruan terhadap fitur atau pembaruan terhadap platform itu sendiri

3. Terjemahkan konten aplikasi ke banyak bahasa, terutama negara yg jumlah pengguna Windows Phone-nya banyak, seperti Brazil, Meksiko, Tiongkok, Thailand, dan lain-lain

Selain ketersediaan dalam bahasa Inggris, akan sangat menarik jika aplikasi tersebut tersedia dalam berbagai bahasa. Kita tahu tidak semua orang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu dan bahasa kesehariannya. Selain bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, aplikasi Momento sendiri juga tersedia dalam bahasa Turki, Rusia, Mandarin, Portugis, Portugis Brazil, Perancis, Jerman, dan Italia.

4. Aktif membangun hubungan dengan pengguna, komunitas Windows Phone, dan media Windows Phone, baik di media sosial, forum, atau media lainnya di banyak negara. Selalu berikan update aplikasi kita ke mereka dan mendengarkan feedback mereka

Saran yang bagus dari Hadi. Hal ini seringkali tidak dilakukan oleh pengembang karena keterbatasan sumberdaya, padahal hubungan seperti ini dapat meningkatkan rasa memiliki seorang konsumen terhadap aplikasi yang digunakannya. Plus konsumen akan merasa dihargai jika timbal balik yang dia berikan bisa ditampung, dan kalau bisa diimplementasikan. Sebaiknya ada anggota tim yang didedikasikan untuk mengurusi urusan kehumasan seperti ini.

Hadi memastikan, "Walaupun tidak dapat dukungan promosi dari pihak Microsoft, seperti spotlight di (Windows Phone) store, asal tips di atas semua dapat berjalan baik, pasti bisa meraih banyak unduhan di Windows Phone."

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again