Berita  Review 

TimelineCoverBanner, Layanan Pembuat Foto Sampul Facebook

TimelineCoverBanner, Layanan Pembuat Foto Sampul Facebook

Posted by
Andi Miftachul

February 17, 2012

Saya cukup tertarik dengan pemberitaan dari Penn-Olson yang membahas TimelineCoverBanner.com. Ketertarikan saya terutama karena layanan ini ternyata buatan orang Indonesia.

Pembuatnya adalah Dian Kurnia Arismawan, seorang freelancer yang tinggal di Malang, Jawa Timur. Yang cukup mengejutkan, layanan TimelineCoverBanner ini dibuat seorang diri, dengan waktu kurang lebih 3 minggu.

Karena memang tertarik dengan sepak terjang geek yang satu ini, saya pun menemuinya melalui email. Dalam wawancara singkat yang kemudian terjadi, Dian menceritakan kisah di balik TimelineCoverBanner ini.

Mulanya, Dian Kurnia membaca tentang perubahan tampilan halaman profil Facebook di beberapa blog. Kemudian, muncullah ide untuk membuat layanan ini. Dengan memanfaatkan berbagai class dan fungsi yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun berbayar, Dian Kurnia meramunya menjadi seperti yang tampak di TimelineCoverBanner.

Layanan TimelineCoverBanner

TimelineCoverBanner adalah sebuah layanan yang membantu Anda untuk membuat foto sampul untuk profil Facebook Anda secara mudah. Tanpa perlu keahlian bermain dengan perangkat lunak desain grafis, Anda sudah bisa membuat foto sampul yang membuat teman-teman Facebook Anda terkagum-kagum.

Anda tidak hanya bisa menggunakan foto sampul dari galeri yang telah disediakan, tetapi juga bisa mengunggah foto Anda sendiri. Dengan editor yang disediakan Anda tinggal mengkostumisasi posisi, menambahkan warna atau menambahkan teks, semua dapat di lakukan secara mudah. Selain itu, Anda juga bisa membuat foto profil yang nyambung dengan foto sampul Anda. Tinggal menyimpan bagian foto profil dan foto sampul secara berbeda, kemudian mengunggahnya ke dalam profil Facebook Anda. Seperti yang di contohkan pada halaman TimelineCoverBanner.

Kelebihannya layanan ini di banding dengan layanan sejenis adalah Anda tidak akan menemukan semacam watermark dalam gambar hasil dari layanan ini. Menurut Dian Kurnia, foto sampul Anda bukanlah banner iklan gratis untuknya. Dia hanya berharap, pengguna yang puas dengan layanan yang diberikan, akan kembali untuk menggunakan layanan tersebut kembali.

Bukan Startup

TimelineCoverBanner bukanlah layanan web untuk pembuatan profil picture Facebook pertama yang dikerjakan Dian Kurnia. Sebelumnya Dian Kurnia ini juga sudah membuat situs lain yakni Colorbe.com dan Profilepicturemaker.com. Meskipun karyanya ini cukup diminati, termasuk di luar negeri seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Thailand, namun Dian Kurnia mengaku belum membawa layanannya ke tingkat startup. Dia hanya bekerja sendiri dan mengerjakan proyek ini sebagai sambilan untuk menambah portofolio dan menambah pendapatan dari iklan.

Sebenarnya, pilihan untuk tidak membawa layanan ini ke level bisnis yang lebih “serius” bisa di bilang agak di sayangkan. Dengan potensi penggunaan layanan yang cukup besar, memperkerjakan satu atau dua orang untuk menangani layanan ini secara fokus, bisa mendatangkan manfaat yang lebih banyak. Selain berupa transfer ilmu agar tercipta Dian Kurnia-Dian Kurnia yang lain, keuntungan finansial yang bisa ditarik pun bisa ditingkatkan. Apalagi mengingat kebiasaan Facebook yang sering berganti-ganti tampilan, layanan sejenis akan terus dibutuhkan dan bisa dikembangkan.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×