1. Startup

Tiketdomestik Ramaikan Pasar Reservasi Tiket Online

Memesan tiket pesawat melalui reservasi online merupakan hal yang semakin lumrah ditemukan, pun kemudahannya kini juga semakin beragam. Seperti misalnya lewat aplikasi mobile macam Indonesia Flight, Wego, dan Tiket.com yang beberapa kali sempat kami ulas, kini ada satu lagi aplikasi penyedia layanan serupa, Tiketdomestik.com. Layanannya tak hanya berbasis mobile tapi juga tersedia dalam bentuk web.

Selayaknya layanan reservasi tiket pesawat online, Tiketdomestik menyediakan pemesanan tiket sejumlah maskapai penerbangan domestik yang bisa dilakukan secara real-time, dalam penelusuran kami, maskapai lokal seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia, Wing Air, Sky Aviation, hingga Batik Air seluruhnya tersedia.

Seperti yang sudah disampaikan di awal, Tiketdomestik punya dua akses layanan yaitu bisa melalui website dan juga aplikasi mobile.  Melalui aplikasi mobile-nya itu sendiri, Tiketdomestik berharap adanya peningkatan penjualan atas layanan yang mereka berikan kepada pelanggan setia mereka. Mungkin saja langkah ini dilakukannya demi memiliki daya saing kuat terhadap kompetitornya.

Berbicara mengenai aplikasi mobile-nya, Tiketdomestik memiliki tampilan antarmuka yang relatif minimalis dan bahkan cenderung tidak menarik. Navigasi pengguna hanya diarahkan pada tiga fitur yakni Booking, E-Tiket, dan About, walau begitu aplikasi ini tetap menyertakan fungsi pencarian penerbangan dengan cepat, namun tetap fungsi ini masih terbilang sederhana.

Untuk memudahkan, hasil pencarian yang didapat telah disortir secara otomatis, seperti misalnya harga tiket dari yang termurah hingga termahal, tanggal penerbangan, hingga nomor penerbangan yang tersedia. Namun sayang, ketika saya mencobanya, proses pencarian ini cukup memakan waktu. Hal ini mungkin bisa diperbaiki ke depannya.

Kemudahan lain, transaksi pembayaran masih menggunakan metode yang cukup umum yakni dengan memanfaatkan payment gateway dari institusi perbankan seperti KlikPay BCA, Mandiri ClickPay, dan CIMB Clicks. Selain itu, bagi pengguna yang belum berlangganan layanan tadi, dapat pula memanfaatkan fasilitas transfer antar rekening, metode ini tentu membutuhkan notifikasi dan konfirmasi ulang.

Dengan fokus hanya melayani reservasi tiket pesawat, jelas Tiketdomestik cukup tertinggal jauh dengan penyedia layanan serupa seperti Tiket.com dan Wego yang punya berbagai macam reservasi tiket dan bahkan hotel. Aplikasi Indonesia Flight mungkin menjadi pesaing terdekatnya saat ini.

Jika Tiketdomestik memiliki niat untuk bersaing di pasar, tentu yang harus dilakukannya kini adalah mulai melengkapi daftar maskapai penerbangan dan memperbanyak rute hingga bisa mencapai daerah terpencil. Sebagai tambahan, mungkin saja Tiketdomestik bisa menyediakan layanan pemesanan penginapan agar mampu bersaing dengan pasar.

Aplikasi Tiketdomestik tersedia untuk Android, dan untuk iOS.

 

[ilustrasi foto: Shutterstock]

-

Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Quick, convenient and with more content and resources, Baidu Browser satisfies all your browsing needs.

Fast: Exclusive kernel increases browsing speed by 30%;

Compact: Lightweight, uses little memory, runs smoothly;

Huge resources: Quickly access the content, news and images you’re interested in;

Free: 100% free to download and use.

Download Baidu Browser http://goo.gl/WKlc5i

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again