1. Startup

Tencent (Akhirnya) Siapkan Platform Mobile Game Untuk WeChat

Salah satu perusahaan internet raksasa yang berasal dari negeri tirai bambu China Tencent, dikabarkan tengah mempersiapkan platform terbaru dalam bentuk game bagi seluruh pengguna aplikasi WeChat. Platform terbaru yang terintegrasi langsung dengan WeChat tersebut digadang-gadang akan menyaingi platform mobile messaging lainnya yang serupa dan telah lebih dahulu meraup keuntungan berlimpah dengan merilis platform social game tersebut.

Game rilisan perdana dari pengembang yang beberapa waktu lalu dilaporkan memiliki taksiran nilai perusahaan senilai USD 72 milyar ini bertajuk “We-Link” yang dalam pengembangannya juga dibantu oleh studio game yang juga berasal dari China, Tianmei Yiyou. Game ini sejatinya masih belum dapat dinikmati oleh pengguna WeChat secara global, hanya terbatas bagi pengguna Android yang memakai aplikasi WeChat dan berdomisili di wilayah China saja yang baru dapat memainkan game baru tersebut.

Seperti halnya game-game rilisan mobile messaging lainnya, Tencent dalam hal ini juga menyediakan fitur leaderboard yang nantinya dapat terintegrasi langsung dengan aplikasi WeChat – sebagai platform mobile messaging – sehingga memungkinkan pemain dapat berbagi  skor, peringkat, dan lainnya kepada sesama pengguna.

Platform game yang terintegrasi dengan layanan mobile messaging ini memang dinilai merupakan salah satu “fenomena” bagi  industri internet belakangan ini, setelah sebelumnya LINE dikabarkan peroleh angka 150 juta unduhan pada mobile game-nya, WeChat juga dianggap mampu menjadi “kuda hitam” bagi pengembang game lainnya yang serupa, mengingat jumlah pengguna aplikasi gratis ini memiliki jumlah pengguna yang sangat masif. Menurut sejumlah data yang dirilis di internet, WeChat saat ini tercatat memiliki jumlah pengguna yang menembus angka 400 juta dengan 70 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Seperti yang dilaporkan oleh situs TechCrunch, kabar yang datang dari pengembang aplikasi WeChat ini disambut dengan antusiasme yang sangat tinggi dari para pengembang aplikasi lain dikarenakan pasar China yang dianggap sangat tertutup dengan layanan Google Play. Korelasi dari kabar ini adalah diharapkan nantinya setelah Tencent melakukan “pembukaan” diri, pengembang game dari dari barat mampu menyusup ke pasar Android yang merupakan pasar terbesar di negeri yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia tersebut.

Setelah sukses merilis We-Link, Tencent dikabarkan tak tanggung-tanggung akan langsung merilis 10 judul game terbaru untuk mendampingi We-Link dalam persaingan yang ketat antara penyedia layanan mobile messaging lainnya. Kesepuluh judul game tersebut antara lain ada: We Love Pang, We Runner, Fight The Landlord, dll. Belum ada info lebih lengkap mengenai apakah game ini akan dirilis di Indonesia, namun yang pasti kita tunggu saja kehadiran game-game tersebut di toko-toko aplikasi yang tersedia di smartphone Anda.

[sumber foto: fashionscollective]

 

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again