1. Startup

Telkomsel Siapkan Perangkat Mobile NFC untuk Solusi Pembayaran

Untuk mendorong pemanfaatan mobile money yang dimilikinya, Telkomsel bakal merilis perangkat NFC yang bakal digunakan sebagai solusi pembayaran menggunakan perangkat mobile. Nantinya solusi ini bakal diintegrasikan dengan sistem T-Cash yang dimiliki oleh operator terbesar di Indonesia ini. Rencananya produk ini bakal dikeluarkan di bulan September atau Oktober mendatang.

Seperti dikutip dari Liputan 6, Vice President Payment and Banking Telkomsel R. Andi K. Utomo menyebutkan, "Kita akan bawa mobile payment yang sudah pakai teknologi NFC. Telkomsel akan jadi yang pertama sediakan mobile payment berbasis NFC pertama di Indonesia nantinya. Maunya kita pelanggan nanti cuma perlu bawa ponselnya aja buat bayar pakai T-Cash karena sudah terintegrasi. Rencananya produk ini sudah bisa diluncurkan di sekitar September-Oktober, mudah-mudahan ya."

NFC sendiri merupakan teknologi komunikasi radio dengan cara transaksi ditempelkan atau didekatkan dalam jarak beberapa centimeter. Teknologi turunan RFID ini sudah banyak digunakan di negara-negara maju sebagai solusi pembayaran menggunakan perangkat mobile. Google Wallet merupakan salah satu produk terkenal yang sudah mendukung teknologi ini, meskipun penggunaannya masih terbatas di kawasan Amerika Serikat.

NFC biasanya secara default dihadirkan di smartphone Android, BlackBerry, dan Windows Phone. Telkomsel sendiri mencatat ada sekitar 2,5 juta pelanggannya yang telah menggunakan smartphone berfitur NFC. Implementasi teknologi ini tentu bermanfaat untuk menggenjot jumlah pengguna T-Cash yang ditargetkan mencapai 30 juta pelanggan tahun ini. Saat ini diklaim ada sekitar 15 juta pelanggan yang telah menggunakan solusi pembayaran mobile dari Telkomsel.

Solusi pembayaran mobile merupakan teknologi baru yang makin berkembang penggunaannya di Indonesia. Selain bisa digunakan untuk pembayaran barang kebutuhan sehari-hari di minimarket terdekat atau membeli secara online di berbagai layanan e-commerce, kini operator seluler mulai membidik pemanfaatan mobile money untuk pembayaran tiket bus TransJakarta, tiket kereta komuter, dan juga pembayaran tarif tol yang sudah tidak lagi eksklusif ke suatu provider tertentu.

Dalam mengimplementasi layanan ini, operator bersaing dengan pihak perbankan yang mengeluarkan produk berbasis kartu. Di Indonesia sendiri tiga operator terbesar telah memiliki layanan mobile money dan Telkomsel memimpin dalam utilisasi dan jumlah pelanggannya.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again