1. Startup

Telkomsel Luncurkan Aplikasi Mobile Coupon

Telkomsel berusaha merambah pasar OTT di segmen digital advertising dengan menghadirkan aplikasi Mobile Coupon. Sudah tersedia untuk platform Android, mobile coupon ini memudahkan pelanggan Telkomsel memilih deals yang diinginkannya langsung tanpa perangkat mobile tanpa perlu repot mencetak kuponnya. Secara umum prinsip layanan yang dihadirkannya mirip dengan Dealoka yang didukung oleh Ideabox Indosat.

General Manager Retail and Couponing Telkomsel Edwin Ariono, dalam rilis yang kami terima, mengatakan, "Kami ingin memberikan pelanggan Telkomsel kemudahan di dalam mendapatkan berbagai penawaran menarik. Jika dahulu penawaran diberikan dalam bentuk diskon atau kupon secara fisik, maka kini Telkomsel Mobile Coupon menghadirkan tren baru secara digital, bukan hanya dalam bentuk desktop, tapi juga mobile."

Fitur yang tersedia dalam Telkomsel Mobile Coupon adalah daftar merchant yang menghadirkan promo, pencarian promo berdasarkan kategori lokasi, dan berbagi kupon melalui media sosial dan Mobile Redemption System. Di awal peluncurannya, Telkomsel telah bekerja sama dengan Coldstone, Zalora, Lottemart, Wacoal, Presotea, dan Floweradvisor.

Langkah ini menandai masuknya Telkomsel ke bisnis OTT yang selama ini dikuasai oleh startup. Dalam pengerjaannya, Telkomsel bekerja sama dengan Rainmaker Labs yang berbasis di Singapura.

Untuk memanfaatkan kupon yang tersedia, pelanggan Telkomsel harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan memasukkan nomor ponselnya. Setiap kupon yang diminati bisa diklik dan dimasukkan ke bagian My Pocket. Nantinya kupon bisa langsung digunakan saat bertransaksi di merchant. Per Juni 2014, jumlah pengguna Android di Telkomsel tercatat mencapai hampir 11 juta pelanggan dan telah melebihi pengguna BlackBerry. Tentunya tidak salah jika Telkomsel memprioritaskan platform ini terlebih dahulu ketika meluncurkan sebuah produk digital.

"Aplikasi ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi para pelanggan Telkomsel untuk mendapatkan penawaran, namun juga kenyamanan dan keamanan dalam melakukan transaksi, karena semua dapat diakses melalui ponsel pelanggan. Selain itu pelanggan juga tidak perlu khawatir akan kehilangan kupon fisik karena kupon tersebut disimpan dalam bentuk elektronik," lanjut Edwin.

Tak sekedar menjaring konsumen, Telkomsel juga berusaha memperluas merchant yang bekerja sama untuk menarik minat pengguna. Bagi merchant yang tertarik, Telkomsel menyediakan form khusus yang bisa diisi secara online.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again