1. Startup

Telkomsel Ternyata Sudah Hadirkan Fitur Facebook Voice untuk Perbarui Status

Tanpa banyak berpromosi, Telkomsel ternyata telah menghadirkan fitur Facebook Voice yang memungkinkan pengguna menelepon nomor tertentu, merekam suara, dan membagikannya sebagai status di Facebook. Semua tanpa campur tangan paket data. Hadirnya fitur ini membantu Facebook untuk menjangkau anggota baru yang belum menggunakan ponsel dengan fasilitas konektivitas Internet.

Berdasarkan penelusuran kami, kehadiran Facebook Voice di Telkomsel sudah mulai dibicarakan oleh para penggunanya sejak bulan Maret-April tahun ini, meskipun menurut pemantauan masih belum memperoleh efek viral seperti yang diharapkan. Bisa jadi karena target pasarnya adalah orang-orang yang belum menggunakan Internet secara reguler, mereka berharap Facebook Voice bakal lebih populer di pelosok yang belum terjangkau konektivitas Internet berkecepatan mumpuni.

Hingga akhir September ini, Telkomsel berupaya mendorong penggunaan Facebook Voice yang lebih masif dengan promosi hadiah iPhone 5 setiap minggu. Paket berlangganan ini sendiri ditawarkan seharga Rp 1.100 per hari, Rp 5.500 per minggu, atau Rp 16.500 per bulan.

Sesungguhnya kerja sama ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Facebook. Mereka pernah melakukan hal serupa di India bersama Aircel di tahun 2011 dan masih bertahan hingga sekarang.

Fitur ini mengingatkan kami akan layanan media sosial berbasiskan suara Bubbly yang berasal dari Singapura dan baru-baru ini sempat menghebohkan jagad startup karena sempat diberitakan ditutup setelah tak mampu mempertahankan bisnisnya. Bubbly sendiri akhirnya diakuisisi oleh mobile VAS India Altruist.

Hadirnya Facebook Voice menambah panjang deretan paket-paket yang ditawarkan Telkomsel untuk meningkatkan penggunaan Facebook di Indonesia. Sebelumnya mereka juga memiliki paket Facebook Chat dan Facebook SMS.

Saat ini jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 60 jutaan dan dengan penetrasi penggunaan Internet di Indonesia yang baru mencapai sepertiga penduduk Indonesia, Telkomsel dan Facebook berusaha menjangkau lebih lebih banyak lagi pengguna Facebook di tanah air dalam rangka meraih satu miliar pengguna baru di seluruh dunia.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again