1. Startup

Tanyain.com Ramaikan Platform Tanya Jawab di Indonesia

Masih dalam fase beta dan rencananya akan resmi meluncur bulan April 2015

Satu lagi platform media sosial berbasiskan tanya-jawab, Tanyain.com, hadir untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia yang gemar berinteraksi dan berdiskusi bersama untuk mencari solusi dari berbagai masalah sederhana di kegiatan sehari-hari.

Selain Tanyain.com, Takon dan Pitakonan telah lebih dulu hadir dengan konsep yang kurang lebih serupa. Berbeda dari kompetitor mereka, Tanyain.com saat ini masih fokus di platform web, sementara segmen yang coba disasar adalah semua elemen masyarakat.

“Tanyain.com menjadi portal tanya-jawab yang menonjolkan fitur media sosial (untuk meningkatkan user experience) guna membantu pengguna dan pengunjung menemukan solusi akan permasalahan yang ditemui. Tanyain.com dapat diakses oleh pengguna terdaftar dan non-terdaftar,” ungkap Co-Founder dan CTO Tanyain.com Irfandy Thalib (Fandy) dalam wawancaranya dengan DailySocial.

Pengguna dapat bertanya secara langsung tanpa perlu menjadi pengguna terdaftar. Nantinya pertanyaan tersebut akan tampil dari seorang anonim, yang tanpa nama, tanpa foto, bahkan tanpa uji verifikasi captcha. Pihak Tanyain.com belum menjabarkan perihal sistem penyaringan konten pertanyaan dan jawaban yang akan tayang. Hal tersebut, menurut hemat kami, bisa menjadi celah yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Tanyain.com saat ini masih dalam fase beta yang diperkirakan akan selesai pada akhir April 2015 nanti. Dalam prosesnya, Tanyain.com sebenarnya telah live sebelumnya pada November 2013 silam, namun pihak mereka memutuskan untuk melakukan redesain dan mengubah konsep untuk diluncurkan kembali pada Januari 2015 kemarin.

Model bisnis yang dipersiapkan oleh Tanyain.com sejauh ini yaitu ads banner, user promote, hashtag promote, event promote, dan Google Ads. Bagi startup yang masih belia biasanya mereka belum fokus untuk menggarap lebih jauh model bisnis yang bisa dikembangkan.

Fandy menyatakan memiliki strategi untuk menarik para pengguna dengan menawarkan award bagi mereka yang rajin berkontribusi menyelesaikan masalah sesama pengguna. Hal yang umum kita temui pada user-generated media seperti ini. Tanyain.com telah melirik untuk mengadopsi platform Android dan iOS untuk memenuhi target sebagai platform media sosial berbasiskan tanya-jawab terbaik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again