Opini 

Tak Ada yang Peduli Tentang Ide Anda, Bahkan Ibu Anda Sendiri

Tak Ada yang Peduli Tentang Ide Anda, Bahkan Ibu Anda Sendiri

Posted by
Guest Post

February 17, 2012

Aria Rajasa adalah CEO dari GantiBaju.com, startup di bidang busana yang mirip dengan Threadless tetapi dengan sentuhan lokal Indonesia, GantiBaju juga memiliki komunitas desain yang sangat kuat. Semangat Aria di dunia wirausaha membuatnya mendirikan beberapa perusahaan setelah lulus kuliah.

Ok, bisa jadi Ibu Anda hanya bersikap baik mengenai ide yang Anda utarakan, padahal bisa jadi dia tidak mengerti apa yang Anda katakan. Ide itu murah, saya selalu mengatakan hal ini kepada siapapun, dan ketika mengatakannya saya benar-benar bermaksud demikian. Hanya karena saya punya ide untuk mengembangkan Facebook, itu tidak berarti sama harganya dengan valuasi Facebook (diestimasikan dalam kisaran US $75 – $100 miliar). Ide itu murah, ia tidak berharga atas dirinya sendiri. Eksekusi adalah yang terpenting. Jika Anda tidak menjalankan ide Anda maka itu tidak akan berarti apa-apa. Tidak berarti apapun.

Apa yang lebih menggelikan adalah banyak orang berpikir bahwa ide mereka terlalu berharga untuk diungkapkan, mereka menyimpannya untuk diri mereka sendiri, disimpan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, lalu setelah itu baru menyadari bahwa ide mereka sebenarnya tidak bergerak kemana-mana. Menyimpan sebuah ide bisa berbahaya, Anda akan dihadapkan pada kondisi bias bahwa Anda adalah pemilik ide tersebut. Anda akan selalu berpikir bahwa ide Anda hebat dan tidak akan ada yang salah dengan ide tersebut. Jadi, tolong bantu diri Anda dan tantanglah ide yang Anda miliki pada orang lain, dua atau seratus teman yang Anda miliki.

Beritahukanlah pada Semua orang tentang ide Anda

Anda dapat mengidentifikasi masalah utama begitu Anda memberitahukan ide Anda ke orang lain. Orang akan mulai mengajukan berbagai pertanyaan, misalnya tentang masalah apa yang ingin dipecahkannya. Bagaimana Anda bisa mendapatkan pengenalan awal? Nilai apa yang Anda akan berikan yang membuatnya berbeda dengan yang lain? Beberapa pertanyaan ini baik untuk menantang dan memperbaiki ide Anda.

Gantibaju.com dimulai karena sebuah posting di blog yang saya buat tahun 2008 (sayangnya artikel tersebut sudah hilang), dan akhirnya baru satu tahun berikutnya Anang dan Agus mengontak saya dan menyambut ide tersebut. Jika saya tidak menulis blog tersebut, kami tidak akan pernah bertemu dan Gantibaju.com tidak akan pernah didirikan.

Dropbox menjadi terkenal bahkan sebelum produk tersebut muncul. Founder mereka Drew Houston membuat video 3 menit menjelaskan apa itu Dropbox dan mem-post-nya di situs terkenal yang ia tahu: Digg. Respon atas post yang ia lakukan cukup besar untuk membuktikan bahwa banyak orang ternyata membutuhkan Dropbox dan ini menjadi daya tarik awal untuk startup tersebut.

Jadi, beritahukan tentang ide Anda dan lakukan secara cepat.

Bagaimana jika orang lain mencuri ide Anda?

Itu bagus! Ini berarti ide Anda berharga. Anda bisa belajar bagaimana ide yang dicuri tersebut dieksekusi dan belajar dari kesalahan mereka. Percayalah bahwa orang yang pertama kali mengimplementasi ide terebut akan mendapatkan jalan yang salah. Belajar dari kesalahan, terutama dari orang lain.

Meskipun ide itu murah, bukan berarti itu membuat Anda juga menjadi murahan. Anda harus menyediakan nilai yang cukup agar ide Anda tetap bernilai tanpa diri Anda. Semua orang bisa berpikir tentang Google tetapi Sergey dan Larry adalah orang orang dibalik Google yang menciptakan algoritma sehingga Google bisa terwujud.

Sediakanlah nilai maka orang tidak akan meniru ide Anda, malah Anda akan mendapatkan tawaran kerja sama untuk membantu untuk mencapai ide Anda. Semua orang menang!

Tetapi Bagaimana dengan mereka yang bisa mendapatkan pendanaan hanya dengan sebuah ide?

Apakah Anda yakin Anda hanya menjual ide? Ketika Anda melempar sebuah ide, Anda tidak hanya menjual sebuah ide, tetapi Anda sebenarnya menjual diri Anda sendiri. Para investor percaya pada ide yang ada jika mereka percaya pada Anda dan pengalaman atau bahasa kerennya: Kredibilitas Anda.

Nah, orang yang bisa mendapatkan pendanaan hanya dengan sebuah ‘ide’ biasanya termasuk 3 tipe berikut: veteran startup/bisnis, orang yang terkenal, dan mereka yang sangat beruntung (hey, selalu ada faktor X). Karena keberuntungan adalah sesuatu yang tidak bisa dijelaskan belum lagi tidak dapat dihitung, maka mari kita bahas 2 tipe lainnya.

1. Veteran Startup/bisnis

Mari kita lihat Dave Morin dan Path. Path mendapatkan pendanaan dari firma pendanaan terkenal seperti Kleiner Perkins Caufield & Byers, Index Venture, Digital Garage dan First Round Capital. Belum lagi angel investor terkenal seperti Ron Conway, Kevin Rose, Joi Ito, Marc Benioff dan masih banyak lagi. Sungguh menakjubkan melihat orang mendukung Path. Tidak mengherankan karena para founder di Path juga adalah veteran seperti Dave Morin (mantan eksekutif Facebook), Justin Timber…ehm..maksud saya Shawn Fanning (Napster, Facebook) serta Dustin Mierau (Napster). Angkat tangan Anda jika Anda tidak pernah mendengar Facebook dan Naspter? Dua perusahaan ini adalah perusahaan terkenal di dunia digital, tidak heran jika kredibilitas para foundernya begitu terlihat.

Ada informasi lain tentang Dave Morin. Dia pernah bekerja di Apple di produk dan pemasaran sebelum bergabung dengan Facebook. Dia ikut menemukan Facebook Platform yang revolusioner yang menjadi platform sosial kelas dunia dengan 1 juta pengembang di 190 negara. Dia juga ikut menemukan Facebook Connect yang digunakan oleh lebih dari 7 juta aplikasi dan situs. Apakah saya perlu menambahkan lagi?

2. Orang Terkenal

Bisnis dunia digital menarik mata semua orang termasuk selebritis Will Ferrel yang mendirikan Funny or Die, seperti yang dikutip oleh Forbes:

Bintang komedi terkenal dan mantan bintang SNL telah kembali ke layar kecil di acara HBO Funny or Die Presents, yang didasarkan pada komunitas multimedia online miliknya dengan nama yang sama. Konglomerat konten yang didukung oleh Sequoia capital ini, mengadirkan materi orisinal dari komedian terkenal (termasuk Adam McKay dan Zach Galifianakis) dan mengajak penonton untuk berkontribusi denga karya mereka sendiri. Investor yang tidak disebutkan namanya menaruh dana sebesar $2 juta pada bulan Desember 2008.

Jadi dia mendapatkan dukungan dari Sequioa Capital dan investor yang tidak diumumkan dengan dana $2 juta. Yeah, saya tentu tidak perlu menjelaskan seterkenal apa Will Ferrel ini.

Lalu bagaimana sekarang?

Kita tidak bisa menjadi selebritis paling terkenal tetapi kita tentu bisa mengeksekusi ide kita, membangun kredibilitas pada diri kita dan mengambil satu demi satu langkah. Siapa tahu mungkin setelah kesuksesan binis Anda selanjutnya, Anda bisa mulai menjual diri dan ide Anda dengan jumlah uang pendanaan yang sangat besar.

PS: Saya ingin mengakhiri tulisan kali ini dengan kutipan dar Gene Simmons yang diambil dari bukuya Sex Money Kiss.

Getting jobs has everything to do with your people skills and whether or not you can look people in the face, straight in the eye. What you’re really selling is yourself: your belief in yourself, your self-confidence–that’s what jobs are really about.

Rock on!

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×