1. Startup

Survei MarkPlus Insight: Pengguna Internet di Indonesia 55 Juta

Berapakah jumlah pengguna Internet di Indonesia? 30 juta? 40 juta? Mungkin kita tidak akan pernah tahu pasti berapa jumlahnya, tapi survei terbaru yang dilakukan oleh MarkPlus Insight menyebutkan bahwa pengguna Internet di Indonesia di tahun 2011 mencapai 55 juta orang. Dibanding penduduk Indonesia yang diperkirakan sekitar 240 juta jiwa, 23% sudah terpenetrasi koneksi Internet yang kebanyakan berpusat di kota-kota besar -- hanya 4.1% yang berada rural area. Setahun yang lalu, MarkPlus Insight mencatat pengguna Internet di sini sudah mencapai 42 juta.

Disebutkan pula dalam survei bahwa yang mengakses menggunakan perangkat mobile mencapai 29 juta orang. Itu berarti lebih dari 50% pengguna Internet di Indonesia memanfaatkan mobile untuk berselancar di dunia maya. Dengan kond, isi negara kepulauan dan kontur yang tidak rata, adalah lumrah jika mobile Internet menjadi pionir.

Untuk memperoleh perkiraan tersebut, MarkPlus Insight mengadakan survei terhadap 2161 orang pengguna Internet di sebelas kota besar. Orang yang disurvei memiliki rentang usia 15-64 tahun dengan golongan sosial ekonomi ABC. Rata-rata dari mereka mengakses Internet lebih dari 3 jam per hari.

Sebagai perbandingan, berdasarkan data dari beberapa media, Indonesia tercatat memiliki 40.8 juta akun Facebook sebagai pengguna terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Dengan penetrasi "cuma" 23% (seperempat) dari total populasi memang masih banyak potensi yang bisa digali. Di Cina sendiri sebagai pengguna Internet terbesar di dunia, penetrasi Internet sudah mencapai sepertiga dari jumlah penduduk. Yang penting bagi saya adalah bagaimana memanfaatkan Internet sebagai sarana positif peningkatan kualitas hidup dan penyebaran informasi di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again