Berita 

Strt, Sebuah Proyek Startpage

Strt, Sebuah Proyek Startpage

Posted by
Andi Miftachul

May 3, 2012

Anton Purwo Saputro, seorang graphic designer dan pengembang web, merasa layanan startpage yang ada sekarang belum sesuai dengan yang dia inginkan. Karenanya, dia berinisiatif membuat sebuah prototype startpage untuk dirinya sendiri. Proyek Startpage tersebut, dia beri nama Strt dan sejak 29 April yang lalu, versi demonya dapat dilihat di halaman web pribadinya.

Startpage adalah sebuah halaman web yang di dalamnya terdapat beberapa tautan atau informasi berguna yang muncul begitu Anda membuka browser (Wikipedia). Gampangnya, startpage adalah halaman web pertama yang Anda buka ketika Anda membuka browser. Dari startpage tersebut Anda akan mendapatkan update terbaru misalnya status-status terbaru dari Facebook Anda, tweet terbaru, email baru, atau berita-berita terbaru dari RSS Feed. Lalu Anda mengklik tautan-tautan tersebut untuk mulai menjelajah internet.

Contoh web yang memberikan layanan startpage adalah Netvibes, Kolopo, dan Pageflakes serta iGoogle dan My Yahoo!. Sementara Pageflakes telah menutup layanannya Januari lalu, iGoogle juga tidak aktif lagi, My Yahoo! dan Kolopo minim kustomisasi sehingga tidak terlalu nyaman digunakan. Netvibes masih hidup dan masih terus berkembang sampai sekarang. Layanan startpage, kini tampaknya telah banyak digantikan oleh halaman awal sebuah browser.

Dalam proyek demo Strt versi 0.1, Anton menambahkan fitur HUD Widgets, Shortcut Icon Docks, Instagram Stream, RSS Feed List dan beberapa hal lain termasuk Last.fm dan StumbleUpon. Sambil melihat umpan balik dari orang lain, Anton berencana akan versi demo 0.2 pada 5 Mei mendatang.

Sepertinya, karena selain sebagai pengembang web, Anton juga seorang desain grafis, Anton mampu dengan rapi menempatkan fitur-fitur startpage yang dia ingin tampilkan. Tentu saja karena masih dalam versi demo, beberapa fitur masih belum berfungsi dengan baik. Dan masih ada beberapa fitur yang bisa ditambahkan.

Dalam posting blog-nya tentang proyek ini, Anton berminat untuk mencari seseorang, mungkin investor atau rekan kerja, untuk membawa proyek ini ke arah yang lebih serius menjadi sebuah bisnis. Dengan keterampilan Anton, sepertinya untuk membuat sebuah layanan startpage yang bagus bukanlah hal yang susah. Masalah yang lebih penting untuk dicari jawabannya adalah bagaimana mendorong orang untuk mau menggunakan layanan tersebut.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×